Sukses

Bos Huawei: Smartphone Lipat Akan Gantikan Komputer

Liputan6.com, Jakarta - Huawei digadang-gadang akan menjadi salah satu perusahaan yang akan merilis smartphone lipat.

Perusahaan asal Tiongkok itu disebut akan bergabung dengan Samsung sebagai perusahaan yang juga akan merilis smartphone lipat.

Meski belum resmi, nyatanya Huawei mengaku optimistis dengan smartphone lipat ini. Dalam wawancara dengan Die Welt, CEO Huawei Richard Yu mengaku smartphone lipat besutannya dapat menggantikan komputer.

"Kenapa kamu masih memakai komputer? Mungkin karena layar smartphone masih kecil. Kami akan mengubah hal itu dengan menawarkan tampilan layar yang dapat dilipat," tutur Yu seperti dikutip dari BGR, Senin (17/9/2018).

Lebih lanjut Yu menuturkan, Huawei sebenarnya sudah mengembangkan smartphone ini, sehingga publik tidak perlu menunggu terlalu lama.

Namun, dia tidak mengungkap jadwal pasti kapan smartphone ini akan meluncur.

Kendati tidak membahas soal jadwal rilis, Yu sedikit membeberkan sejumlah fitur yang mungkin ada dalam smartphone ini.

Beberapa fitur ini sendiri akan hadir di sejumlah perangkat Huawei yang rilis tahun ini, seperti dukungan 5G dan fitur kecerdasan buatan yang lebih baik.

Menurut Yu, Huawei masih membenamkan fitur itu di smartphone lipat karena smartphone rilis secara berkala.

Karenanya, dalam waktu dekat tidak akan ada fitur anyar yang diperkenalkan Huawei di perangkatnya.

"Kecerdasan buatan yang makin pintar akan menghadirkan fitur tambahan untuk membuat kemampuan kamera lebih baik, termasuk penerjemahan bahasa secara aktual," tutur Yu menjelaskan.

Dukungan kecerdasan buatan itu tidak lepas dari kehadiran platform Kirin 980 yang baru saja diperkenalkan Huawei. 5G, menurut Yu, juga memiliki peran kunci dalam evolusi smartphone karena kecepatan yang ditawarkan.

2 dari 3 halaman

Huawei Diprediksi Jadi yang Pertama Rilis Smartphone Lipat

Menurut laporan baru, Huawei memang disebut-sebut akan menjadi perusahaan pertama di dunia mengumumkan smartphone lipat, bukan Samsung seperti yang banyak diberitakan sebelumnya.

Dilansir Phone Arena, Huawei selangkah lebih maju dibandingkan Samsung soal pengembangan layar yang bisa dilipat. Perusahaan asal Tiongkok itu dilaporkan berencana mengumumkan smartphone tersebut pada November 2018.

Jika Huawei terbukti mengumumkan smartphone tersebut pada November, perusahaan itu akanmenyandang gelar sebagai perusahaan pertama menghadirkan perangkat itu.

Di sisi lain, Samsung berencana mengumumkan smartphone lipat pada awal tahun depan.

Selain Huawei dan Samsung, masih ada sejumlah vendor lain yang dilaporkan tertarik menghadirkan smartphone lipat. Salah satunya adalah Apple. Huawei, Samsung, dan Apple sendiri merupakan tiga vendor smartphone terbesar di dunia.

Adapun menurut sumber internal LG, Apple tengah menyiapkan prototype layar lipat. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran smartphone lipat tersebut.

3 dari 3 halaman

Oppo dan Xiaomi Siap Ramaikan Persaingan Smartphone Layar Lipat

Dilansir GSM Arena, Kamis (2/8/2018), Xiaomi dan Oppo juga dilaporkan sedang mencari mitra manufaktur untuk menyuplai layar lipat untuk produknya. Beberapa opsi antara lain BOE, Visionox dan LG Display.

Xiaomi disebut akan menjadi manufaktur pertama yang merilis smartphone fleksibel tak lama setelah produk itu diumumkan.

Kemudian, berbeda dengan strategi Samsung dan Huawei, Xiaomi pada tahap awal akan fokus di pasar Tiongkok agar bisa menyiasati harga smartphone kompetitor.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Pria Meninggal Mendadak di Warung Makan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Huawei Ejek Apple Usai Rilis iPhone Terbaru
Artikel Selanjutnya
Suka Main Gim PUBG Mobile? 5 Smartphone Ini Layak Jadi Pilihan Kamu