Sukses

LG Bakal Umumkan Smartphone 5G di Awal 2019

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Sprint baru saja mengumumkan kolaborasi dengan LG Electronics Amerika Serikat untuk menghadirkan smartphone 5G pertama di AS.

Rencananya, smartphone 5G tersebut akan diperkenalkan pada paruh pertama 2019. Sementara spesifikasi dan tanggal peluncuran resmi smartphone 5G itu akan diumumkan kemudian.

Sebagaimana dikutip GSM Arena, Kamis (16/8/2018), kemitraan ini bukan hanya dalam bentuk bundling paket Sprint tetapi juga dedikasi LG terhadap kehadiran perangkat 5G yang punya spesifikasi tinggi padi awal 2019.

Kabarnya, smartphone 5G LG ini akan didukung dengan prosesor Snapdragon.

Pasalnya perusahaan pembesut chipset Qualcomm itu telah merilis kehadiran modem X50 yang diklaim punya kecepatan hingga 5Gbps. Selain itu, chipset tersebut memiliki antena 5G yang akan bekerja dengan sinyal mmWave.

Memperkenalkan smartphone 5G adalah sesuatu, namun yang lebih penting adalah jaringan yang membuat smartphone itu bisa dipakai dengan baik.

Kembali pada awal 2018, Sprint mengumumkan bahwa enam kota besar di AS siap memiliki jaringan 5G pada tahun 2019. Sayangnya, belum diketahui kapan pastinya smartphone ini akan bisa dipakai secara komersil.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Smartphone 5G Perdana Rilis Akhir 2018

5G memang bukan hal baru di ranah teknologi. Meski belum komersial, teknologi ini siap diimplementasikan untuk kebutuhan seluler setelah standarisasinya ditetapkan sejumlah operator pada tahun ini.

Salah satu bentuk implementasi dari teknologi 5G paling santer terdengar adalah kehadiran smartphone berbasis 5G, yang konon bakal meluncur pada akhir 2018.

ZTE disebut-sebut menjadi kandidat pertama yang membesut smartphone 5G. Dan kabarnya, rencana ZTE merilis smartphone 5G akan diawali di Amerika Serikat (AS).

Alasan ZTE memilih Negeri Paman Sam sebagai negara pertama peluncuran smartphone 5G tak lain karena vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut sudah lebih dulu berjanji untuk memperluas portofolio bisnis perangkat mobile-nya di AS.

Menurut informasi yang dilansir Phone Arena, CEO ZTE Lixin Cheng membenarkan pihaknya memang berencana meluncurkan smartphone dengan kemampuan internet generasi kelima di AS. Kemungkinan besar akan dirilis pada akhir 2018, atau paling lambat pada awal 2019.

Jika memang benar ZTE menjadi vendor pertama yang akan merilis smartphone 5G, berarti ia bisa lebih unggul ketimbang vendor lain. Pasalnya, hingga detik ini, vendor besar seperti Samsung dan Apple belum juga membeberkan apakah mereka juga akan menggarap smartphone berbasis 5G atau tidak. 

 

3 dari 3 halaman

Samsung Siap Garap Smartphone 5G

Samsung akan segera hadir dengan ponsel yang kompatibel dengan jaringan 5G. Hal ini disampaikan oleh Chief Technology Officer (CTO) SK Telecom Park Jin-hyo ketika menanggapi pertanyaan tentang modem seluler 5G terbaru milik Huawei.

Menurut Jin-hyo, Samsung membuat kemajuan yang signifikan dalam teknologi 5G. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu tidak lama lagi diperkirakan akan memproduksi ponsel 5G.

"Huawei unggul dalam teknologinya. Samsung mungkin tidak banyak bicara, tapi perusahaan juga membuat banyak persiapan. Tidak lama lagi, Samsung akan datang dengan sebuah perangkat 5G," kata Jin-hyo, seperti dikutip dari Korea Herald, Kamis (1/3/2018).

Pihak Samsung sejauh ini belum memberikan pernyataan tentang ponsel 5G. Namun, sejumlah laporan menyebutkan calon flagship terbaru, Galaxy S10, akan menjadi ponsel 5G pertama Samsung.

Jika tak ada perubahan, smartphone tersebut kemungkinan akan dirilis pada awal tahun depan.

Samsung juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan telekomunikasi termasuk SKT untuk membantu perkembangan teknologi generasi kelima tersebut.

Teknologi ini akan menjadi fundamental untuk perangkat elektronik mendatang yang didukung kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

Di Mobile World Congress (MWC) 2018, Samsung bekerjasama dengan SK Telecom untuk memperlihatkan video call 360 derajat berbasis jaringan percontohan 5G di booth miliknya.

Para pengunjung bisa menggunakan panggilan 5G untuk membuat panggilan 3D, sambil melihat area sekitar di sisi lain perangkat melalui layar.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Terjamin, LG Single Commercial AC dapat Sertifikat Hemat Energi dari UI
Artikel Selanjutnya
Sharp Bakal Bersaing di Pasar Panel OLED Smartphone