Sukses

Ups, Fitur Face Unlock OnePlus 6 Bisa Dijebol dengan Cara Ini

Fitur Face Unlock pada OnePlus 6 diklaim tidak seaman fitur Face ID yang ada di iPhone X. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang warganet dengan nama akun Twitter @rikvduijns.

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus sudah resmi mengumumkan kehadiran flagship smartphone-nya, OnePlus 6.

Salah satu fitur canggih yang diunggulkan pada smartphone ini adalah Face Unlock, yakni kemampuan smartphone untuk membuka layar hanya dengan memindai wajah penggunanya saja.

Namun sayang, Face Unlock pada OnePlus 6 diklaim tidak seaman fitur Face ID yang ada di iPhone X. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang warganet dengan nama akun Twitter @rikvduijns.

Dalam akun Twitter-nya, ia memperlihatkan unit OnePlus 6 yang dimiliki bisa membuka layar smartphone hanya dengan memindai foto wajah manusia.

Untuk membuktikan hal tersebut benar, Mashable pada Minggu (3/6/2018), juga menguji keakuratan Face Unlock di OnePlus 6.

Mereka menggunakan kamera iPhone 7 untuk mengambil foto selfie. Setelahnya, foto selfie dicetak menjadi dua jenis, foto berwarna dan hitam putih. Kemudian, hasil foto selfie itu digunakan untuk membuka layar OnePlus 6.

Pada pengujian pertama, smartphone menolak untuk membuka layar dengan gambar 2D. Pengujian gagal karena sang penguji mencetak foto tidak sesuai dengan ukuran wajah asli.

Barulah mereka mencetak fotonya ke ukuran lebih besar dan mengguntingnya ke bagian wajah dan menempelkan ke muka penguji.

Setelah beberapa kali dicoba, smartphone ternyata berhasil membuka layar dengan memindai foto berwarna, sedangkan untuk foto  hitam putih hasilnya gagal total.

OnePlus sendiri juga sudah buka suara terkait celah keamanan pada fitur smartphone barunya tersebut. Kepada Mashable, pihak OnePlus berkata mengembangkan Face Unlock untuk kenyamanan pengguna.

“Kalau sekarang, kami putuskan memilih tindak keamanan yang sesuai dengan PIN, sidik jari, atau kata sandi. Kami terus berusaha untuk mengembangkan teknologi kami termasuk Face Unlock,” kata juru bicara OnePlus.

OnePlus 6 sendiri membawa sejumlah penyegaran baik dalam fitur dan spesifikasi. Apa saja?

Salah satu fitur yang kentara berubah drastis pada OnePlus 6 adalah desainnya. Ya, smartphone ini hadir dengan desain premium berbalut material kaca di bagian belakang kovernya. Untuk melindungi dari goresan, smartphone juga dilapisi Gorilla Glass 5.

Sementara di bagian belakang smartphone, terpasang dua kamera utama yang disusun secara vertikal di bagian tengah. Di bawah kamera, ada dua lampu LED Flash dan lampu sensor sidik jari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OnePlus 6 Usung Layar Bezeless dengan Poni Kekinian

Untuk urusan kamera, OnePlus 6 disematkan sensor Sony IMX519 dengan resolusi 16MP dan aperture f/1,7. Ukuran pikselnya sendiri 1,22 mikron dan berbekal Optical Image Stabilization (OIS). Sementara kamera kedua menggunakan sensor Sony IMX376K dengan ukuran 20MP.

Kemudian untuk kemampuan video, OnePlus mengklaim kamera smartphone-nya bisa merekam video dalam kualitas 4K dengan frame rate 60 FPS (frame per second).

Tak cuma itu, ia juga mampu merekam video Slow Motion dalam frame rate 480 FPS pada 720p dan fitur penyuntingan video dengan tambahan filter dan musik.

Sama dengan seri OnePlus sebelumnya, spesifikasi OnePlus 6 tentu termasuk ke dalam kelas premium. Ia memiliki bentang layar bezeless 6,28 inci dengan teknologi AMOLED dan aspek rasio 19:9.

Smartphone juga mengikuti tren desain kekinian, yakni memiliki 'poni' alias notch di bagian atas layarnya. Di bagian notch itu, terpasang kamera selfie dengan resolusi 16MP, berbekal sensor Sony IMX317 dan aperture f/2,0.

Untuk dapur pacu, OnePlus 6 ditopang dengan prosesor Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630. Ia tersedia dalam varian pilihan RAM 6GB dan 8GB.

Smartphone juga sudah berjalan dengan sistem operasi Android Oreo (8.1) dan antarmuka Oxygen OS terbaru. Namun, smartphone sudah bisa menjalankan Android P versi beta untuk publik.

Kemudian untuk urusan daya, smartphone diperkuat dengan baterai berkapasitas 3.300mAh. Ia juga memiliki fitur Dash Charge untuk pengisian cepat. Adapun fitur lain yang hadir seperti Bluetooth 5.0, NFC, Port Jack Audio 3,5mm, dan fitur anti air.

Menariknya, notch pada OnePlus 6 bisa disamarkan. Tak cuma itu, fitur unggulan lainnya adalah navigasi intuitif di mana pengguna hanya perlu menge-swipe layar untuk berpindah.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.