Sukses

Spotify Kantongi 75 Juta Pelanggan Berbayar

Setelah sebulan melantai di bursa saham, Spotify akhirnya merilis laporan finansial kuartal pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebulan melantai di bursa saham, Spotify akhirnya merilis laporan finansial kuartal pertama untuk tahun ini.

Berdasarkan data tersebut, Spotify tercatat memiliki 170 juta pengguna, dengan 75 juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (4/5/2018), jumlah pelanggan Spotify mengalami peningkatan dari kuartal IV 2018 sebesar 71 juta. Jumlahnya tumbuh tujuh persen, tapi naik 45 persen jika dibandingkan satu tahun lalu.

Spotify memperkirakan jumlah pelanggan berbayar akan mengalami peningkatan menjadi 83 juta pada kuartal II 2018.

Selain itu, Spotify optimistis paket berlangganan untuk pelajar dan keluarga masih mampu mempertahankam konsumen.

Kerja sama dengan layanan Hulu pun dinilai akan menjadi salah satu penyokong pertumbuhan pengguna Spotify.

Seiring dengan perkembangan bisnis streaming musik, persaingan Spotify tentu semakin ketat. Spotify boleh jadi unggul dibandingkan para kompetitornya untuk saat ini, tapi perusahaan menghadapi persaingan sengit dengan pesaing seperti Apple dan Google.

Google, misalnya, dilaporkan akan merilis Play Music di dalam YouTube dan Apple berada di belakangnya dengan 40 juta pelanggan berbayar.

Oleh karena itu, Spotify dinilai harus berkerja keras dan membuat para investornya bahagia dengan pertumbuhan yang baik, sehingga tidak tertinggal dari para kompetitornya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Spotify Bisa Langganan Harian dan Mingguan

Spotify terus berupaya memperkuat layanannya. Salah satunya dengan menghadirkan opsi berlangganan harian maupun mingguan. Pilihan ini melengkapi layanan berlangganan bulanan yang sudah lebih dulu hadir.

Opsi harian dan mingguan ini hadir untuk pembayaran menggunakan potong pulsa atau melalui operator. Adapun layanan ini sudah tersedia untuk pengguna Indosat, Smartfren, XL, dan 3.

Spotify mematok biaya berlangganan Rp 4.990 untuk harian, Rp 16.500 untuk mingguan, dan Rp 54.990 untuk bulanan. Bagi pengguna baru yang memilih layanan bulanan mendapatkan gratis satu bulan tambahan.

Namun, perlu diketahui, layanan berlangganan harian dan mingguan tak dapat diperbarui secara otomatis. Karena itu, pengguna harus kembali mendaftar untuk berlangganan setelah layanan berakhir.

Selain opsi pemotongan pulsa, pengguna juga dapat mengakses Spotify Premium dengan kartu debit atau kredit yang dikeluarkan Mastercard dan Visa. Ada tiga opsi layanan yang dapat dipilih pengguna dengan memanfaatkan opsi pembayaran ini.

Pertama, Spotify menyediakan opsi premium untuk pelajar dengan harga Rp 24.990. Ada pula opsi premium untuk keluarga yang dibanderol Rp 79.000 dan paket premium standar dengan biaya Rp 49.990.

3 dari 3 halaman

Spotify Kini Terhubung ke Instagram Stories

Spotify pun kian melebarkan sayapnya, salah satunya di layanan Instagram Stories. Pengguna Spotify bisa langsung membagikan konten ke Instagram Stories atau mengirimkannya lewat pesan Direct ke pengguna lain.

Pengguna Spotify bisa berbagi lagu, daftar lagu, dan album yang tengah didengarkan. Melalui integrasi Spotify dan Instagram Stories, pengguna tidak perlu lagi melakukan screenshot lagu yang diputar di Spotify, kemudian mengunggahnya ke Stories. Pengguna cukup membagikan lagu yang sedang didengarkan ke Instagram Stories.

Caranya, buka Spotify, kemudian pilih dan putar lagu. Selanjutnya ketuk titik tiga yang ada di bawah logo album. Pilih opsi "Share", lalu kamu bisa membagikannya ke Instagram Stories.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.