Sukses

7 Alasan Orang Lebih Memilih iPhone Ketimbang Android

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu iOS yang ada di iPhone dan Android yang dipakai smartphone Google serta yang keluaran vendor Asia.

Meskipun harga smartphone Android lebih murah, tapi para pengguna iPhone senantiasa setia dan sulit pindah hati ke Android.

Loyalitas mereka terhadap produk Apple ini pasti ada alasannya, mulai dari yang terkait sistem iPhone, tapi ada juga yang semata jadi korban iklan.

Berikut tujuh alasan yang mungkin menjelaskan mengapa pengguna lebih memilih iPhone yang lebih mahal ketimbang Android.

2 dari 8 halaman

1. Branding iPhone Lebih Keren

Tim pemasaran dari Apple memang sukses membuat produk mereka terlihat mewah dan premium. Mulai dari desain, fitur, hingga strategi pemasarannya.

Alhasil, memakai perangkat dengan lambang apel digigit pun sudah menjadi semacam prestise tersendiri bagi pengguna.

Ditambah lagi, banyak orang terkenal di Hollywood sana yang memakai iPhone. Simbol produk Apple pun gampang dikenali lewat berbagai media, mulai dari Instagram, maupun layar kaca.

3 dari 8 halaman

2. Percaya iPhone Lebih Awet

Untuk yang suka menggunakan satu smartphone untuk jangka waktu yang lama sampai ponsel mereka jadul, iPhone memang cocok menjadi pilihan.

Karena Apple memungkinkan pengguna lamanya untuk tetap bisa update sistem operasi di ponsel lama mereka, meskipun pastinya tidak berjalan semulus di model terbarunya.

4 dari 8 halaman

3. Punya Interface Sederhana

Para pengguna iPhone merasa iOS punya tampilan dan user interface yang sederhana ketimbang Android.

Walaupun sederhana, iPhone justru memiliki perlindungan keamanan yang optimal dan patut dicontoh dari vendor lainnya.

iPhone juga punya fitur tersendiri yaitu Siri yang makin memudahkan penggunanya dalam beragam aktivitas. Fitur Siri pun dicontek oleh saingan iPhone, tapi produk Apple memang sudah sering dicontek oleh saingan, baik dari desain maupun sistem.

5 dari 8 halaman

4. Bersih dari Bloatware

Bloatware adalah aplikasi yang ditanamkan di perangkat oleh pihak manufaktur.

Nah, berbeda dengan android yang akan dipenuhi bloatware saat pertama kali dinyalakan, iPhone tidak memiliki yang seperti itu.

Pada iOS penggunanya bisa uninstall semua aplikasi yang tidak mereka inginkan, sedangkan di android ada saja aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall. Hal itu tentunya berpengaruh pada kapasitas memori.

6 dari 8 halaman

5. Kinerja Kencang

Chip Bionic yang disematkan pada perangkat iPhone membuat smartphone ini bisa bekerja lebih cepat dalam pekerjaan berat.

Contohnya saja untuk mengedit video kualitas 4k berdurasi 2 menit, hasilnya iPhone X menang mudah dari lawan-lawannya.

7 dari 8 halaman

6. Aplikasi Baru keluar Lebih dulu di iOS

Ketika developer ingin mengeluarkan aplikasi baru mereka, biasanya mereka akan memilih meluncurkannya di iOS terlebih dahulu.

Salah satu alasannya adalah pengembangan aplikasinya yang lebih mudah ketimbang Android.

8 dari 8 halaman

7. Sudah Terbiasa dengan Lingkungan Apple

Mereka yang membeli produk baru Apple kebanyakan adalah pengguna lama. Mereka pasti juga menggunakan produk lain seperti MacBook ataupun iPad.

Sistem yang dapat mudah terintegrasi pada banyak gadget ini membuat pengguna sulit keluar dari ekosistem digital yang diciptakan Apple, sebab untuk pindah ke Android akan merepotkan untuk memindahkan data mereka.

Apapun perangkat yang kamu pilih untuk gunakan, pastikan kamu mengetahui betul spesifikasinya agar sesuai kebutuhan.

Percuma membeli smartphone mahal tapi tidak memahami kemampuannya secara komprehensif.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com 

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Inikah Smartphone Pertama di Dunia yang Pakai Snapdragon 865?
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Masyarakat Belum Kenal Ragam Ponsel BM