Sukses

Xiaomi Bakal Garap Lebih Banyak Smartphone Android One

Liputan6.com, Jakarta - Produsen smartphone Tiongkok Xiaomi gencar menghadirkan perangkat dengan spesifikasi yang baik tapi dibanderol terjangkau. Kabarnya, Xiaomi bakal menghadirkan lebih banyak smartphone yang didukung Android One.

Hal ini disebut-sebut sebagai upaya Xiaomi masuk ke pasar-pasar global.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Ubergizmo, Selasa (24/42018), CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap, perusahaan memiliki rencana untuk membuat lebih banyak smartphone Android One.

Sekadar diketahui, kolaborasi pertama Xiaomi dengan proyek Android One hadir dalam Mi A1. Smartphone yang berkolaborasi dalam proyek Android One tidak mengusung antarmuka MIUI, tetapi Android Stock (bawaan) besutan Google.

Dengan demikian, smartphone yang mengusung Android One sudah pasti akan diprioritaskan untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi Android lebih cepat.

Baru-baru ini, Lei Jun memberitahukan kepada media India bahwa Xiaomi akan merilis banyak smartphone Android One di masa depan, termasuk seri Redmi yang populer.

Lei Jun tidak menyebut segmen pasar mana saja yang akan disasar oleh perangkat-perangkat Android One Xiaomi. Selain itu, dia juga tidak memberi tahu kapan tepatnya perangkat-perangkat ini akan melenggang.

Bisa jadi, Android One terbaru Xiaomi bakal datang dalam beberapa bulan mendatang.

1 dari 3 halaman

PDKT Xiaomi dengan Google

Dalam kesempatan wawancara eksklusif dengan Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global Donovan Sung yang diikuti Tekno Liputan6.com usai peluncuran Mi A1 di Jakarta beberapa bulan lalu, Sung menceritakan kisah awal pendekatan Xiaomi dengan Google saat hendak menghadirkan smartphone Android One.

"Setahun yang lalu, Google datang kepada kami dan menawarkan untuk membawa Android Xiaomi ke level yang baru dengan Android One. Google memang mencari produsen yang benar-benar serius membuat the next level Android One," ujar Sung.

Pihak Xiaomi pun kemudian membawa Mi A1 dan menunjukkannya ke Google.

"Mereka langsung tertarik dan mengatakan smartphone ini bagus, baik segi harga maupun desainnya. Kami kemudian bekerja sama untuk mengembangkannya," lanjut pria yang pernah mengemban karier di Spotify ini.

Ia mengatakan, karena menggunakan software Android dari Google, Mi A1 akan rutin mendapat pembaruan software. "Update akan hadir, Google memberikannya ke kami, kemudian kami cek dulu untuk memastikan semuanya berjalan normal baik dari segi firmware dan lain-lain," kata dia.

2 dari 3 halaman

Android One Bukan Hanya untuk Smartphone Murah

Head of Consumer Marketing for South East Asia Google Pete Nuchanatanom mengatakan, saat ini Android One bukan hanya ada untuk smartphone entry level dengan harga murah.

Android One juga bisa digunakan untuk perangkat dengan spesifikasi kelas menengah, Mi A1 milik Xiaomi salah satunya.

"Android One ini simpel dan cocok bagi konsumen yang ingin lebih banyak kontrol pada perangkatnya. Selain itu, kami juga membuatnya secure dengan selalu memperbarui security update. Bahkan, Mi A1 menjadi salah satu smartphone pertama yang akan mendapatkan pembaruan Android P pada tahun 2019 mendatang," katanya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Terkuak, Inikah Spesifikasi Xiaomi Redmi 6?
Artikel Selanjutnya
Huawei Incar Mitra Khusus untuk Garap Smartphone Lipat