Sukses

Nokia 5 dan 6 Mulai Cicipi Android 8.1 Oreo

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global (HMD) kian giat merilis OS Android terbaru untuk jajaran smartphone Nokia. Kali ini, perusahan asal Finlandia itu merilis OS Android 8.1 Oreo untuk Nokia 5 dan 6.

Dilansir Phone Arena, Senin (2/4/2018), HMD telah mulai merilis Android 8.1 Oreo untuk kedua smartphone tersebut. Keduanya merupakan smartphone kelas menengah yang dirilis HMD pada tahun lalu.

Sejauh ini, Nokia 2 merupakan satu-satunya smartphone HMD yang belum menerima Android 8.1 Oreo. HMD sendiri sudah memastikan Nokia 2 juga akan mendapatkan pembaruan ke OS itu.

Adapun untuk Nokia 5 dan 6, HMD akan merilis Android 8.1 Oreo secara bergantian di berbagai negara. Namun, banyak negara diperkirakan akan mendapatkan notifikasi pembaruan ke OS tersebut dalam beberapa hari ke depan.

Bagi pengguna Nokia 5, harus menyediakan ruang penyimpanan sebesar 860MB untuk bisa mendapatkan Android 8.1 Oreo. Pembaruan untuk Nokia 6 berukuran 930MB.

HMD sekaligus merilis patch keamanan edisi Maret dengan Android 8.1 Oreo. Beberapa perubahan yang disuguhkan dalam pembaruan tersebut, antara lain terdapat menu pengaturan baru, tombol navigasi hemat baterai dan indikator Bluetooth.

2 dari 3 halaman

Nokia 8 Akhirnya Cicipi Android Oreo 8.1

Sebelum Nokia 5 dan 6, Nokia 8 pada bulan lalu sudah dipastikan mendapatkan pembaruan ke Android 8.1 Oreo. Pembaruan ini hadir kurang dari sebulan setelah perusahaan menggelar program 8.1 beta.

Nokia 8 merupakan perangkat non-Google pertama yang memperoleh Android 8.1. Ada beberapa peningkatan yang dibenamkan dalam Android Oreo versi terbaru ini, termasuk menu pengaturan baru, persentase baterai Bluetooth, serta pembaruan keamanan Android untuk bulan lalu.

HMD Global merilis pembaruan ini secara bertahap. Oleh karena itu, ada kemungkinan seluruh pengguna Nokia 8 tidak mendapatkan Android 8.1 Oreo secara bersamaan.

3 dari 3 halaman

LG V30 dan G6 Dipastikan Bakal Cicipi Android Oreo 8.1

Seiring waktu, semakin banyak smartphone mendapatkan pembaruan OS ke versi Android 8.1 Oreo. Sebelumnya, LG mengumumkan smartphone V30 dan G6 juga akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut.

Selain itu, kedua smartphone tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi dari Google untuk program Android Enterprise Recommended.

Program ini bertujuan membantu pelaku bisnis berinvestasi pada perangkat dan layanan Android yang tepat. Google hanya menyertakan para mitra top yang dianggap "enterprise-ready", termasuk smartphone premium LG V30 dan G6.

Untuk berada di dalam program Android Enterprise Recommended, LG setuju memperbarui dua perangkat tersebut ke OS Android 8.1 Oreo. OS tersebut merupakan software terbaru yang dirilis oleh Google dengan berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: