Sukses

Nokia 9 Usung Pemindai Sidik Jari di Layar?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, pemegang merk smartphone Nokia, HMD Global, dikabarkan bakal merilis dua flagship smartphone Android Nokia pada 2018. Salah satu smartphone yang dimaksud adalah Nokia 9.

Hingga kini tidak banyak informasi mengenai perangkat Nokia 9 ini. Namun berdasarkan rumor yang beredar, Nokia 9 akan dibekali fingerprint scanner di layar. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Senin (12/3/2018).

Jika rumor tersebut akurat, HMD Global akan menjadi salah satu dari deretan perusahaan smartphone yang menghadirkan teknologi fingerprint scanner dalam layar di pasaran.

Sebelumnya, perusahaan Tiongkok Vivo juga telah merilis sebuah smartphone dengan sensor pemindai sidik jari di layar, Vivo X21. Dengan begitu, HMD Global berada satu langkah di belakang Vivo.

Berdasarkan laporan yang beredar, pengguna hanya perlu menyentuh layar dengan jari mereka yang terdaftar untuk membuka smartphone. Hal ini bisa terlaksana berkat chip milik Synapstics.

Selain itu, rumor yang berkembang di luar Tiongkok mengklaim bahwa Nokia termasuk dalam salah satu perangkat yang ditenagai prosesor flagship Qualcomm Snapdragon 845, dengan kecepatan mencapai 2.9GHz dan dukungan terhadap teknologi kecerdasan buatan.

1 dari 3 halaman

Layar Lengkung Seperti Nokia 8 Sirocco

Menurut kabar yang beredar, Nokia 9 juga memiliki perbedaan signifikan dengan Nokia 8 Sirocco yang dirilis HMD Global di konferensi Mobile World Congress (MWC) 2018.

Sekadar diketahui, Nokia 8 Sirocco disebut sebagai Nokia 9 sebelum dirilis. Kendati demikian, namanya menjadi Nokia 8 Sirocco saat diperkenalkan.

Di antara berbagai spesifikasi lainnya, Nokia 9 kemungkinan punya layar lengkung edge-to-edge seperti milik Nokia 8 Sirocco. Kendati begitu, rasio aspeknya sebesar 18:9.

Selain layar dan prosesor, Nokia 9 diharapkan punya kamera yang inovatif. Bocoran sebelumnya mengindikasikan perangkat ini akan dibekali lensa kamera Penta yang digarap bersama dengan perusahaan optikal kamera Carl Zeiss.

Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui informasi lainnya serta tanggal perluncuran perangkat tersebut, maupun harganya.

2 dari 3 halaman

Nokia 8 Sirocco

HMD Global akhirnya memamerkan flagship smartphone terbaru dari Nokia, yakni Nokia 8 Sirocco.

Ya, penerus dari Nokia 8 ini bukanlah Nokia 9. Nokia 8 Sirocco sendiri mengambil konsep dari ponsel lawas Nokia 8800 Sirocco. Nama tersebut terinspirasi dari angin Mediterania yang datang dari Gurun Sahara.

Salah satu fitur unggulan Nokia 8 Sirocco adalah desainnya yang cantik nan menawan. Bodi dari smartphone ini dibalut dengan kaca 3D melengkung yang dilapisi Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang.

Tak cuma itu, Nokia juga mengumumkan smartphone teranyarnya tersebut masuk ke label Android One.

Nokia 8 Sirocco sendiri memiliki bentang layar 5,5 inci dengan panel POLED. Untuk spesifikasi, tentu smartphone ini ditopang dengan prosesor kelas atas, yakni Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB. Untuk urusan memori internal, ia disokong dengan kapasitas 128GB.

Nokia sendiri membanderol smartphone ini dengan harga yang cukup tinggi, yakni 739 euro atau setara dengan Rp 12,6 juta. Wajar saja mengingat Nokia 8 Sirocco hadir dengan desain super premium dan spesifikasi gahar.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Nokia 9 Masih Jadi Smartphone Premium HMD Global di 2018
Artikel Selanjutnya
5 Ponsel Nokia Jadul yang Kemungkinan Bakal Reinkarnasi