Sukses

Ini 4 Panduan Hidup Tanpa Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah perkembangan teknologi, meninggalkan Facebook yang merupakan media sosial terbesar di dunia, mungkin bukan perkara mudah.

Namun, lepas dari Facebook dinilai juga dapat membuat hidup terasa lebih sehat, seperti terbebas dari kemungkinan terlibat perselisihan atau penyalahgunaan data di layanan tersebut.

Facebook saat ini digunakan oleh banyak orang untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman hingga rekan kerja. Selain itu, sejumlah orang di Facebook juga kerap membuat rencana pertemuan atau terhubung dengan komunitas, sehingga melepaskan layanan ini tentu tidak mudah.

Nah, bagi kamu yang ingin lepas dari Facebook, ada empat tips sederhana agar tidak merasa frustasi tanpa layanan tersebut.

Berikut panduan sederhana dari orang yang sudah menghapus akun Facebook sejak 2015, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (22/3/2018):

1. Pikirkan dengan seksama

Pada pekan pertama setelah menghapus akun, kamu akan tergoda mencoba dan menggantikan setiap elemen di Facebook dengan layanan serupa.

Namun sebelum melakukannya, pertimbangkan apakah kamu juga dapat menggunakan perubahan ini untuk merombak hubungan dengan ponsel, media sosial, dan internet secara umum.

Misalnya, kamu bisa mempertimbangkan apakah media sosial alternatif benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jika bingung, gambaran sederhananya adalah inti dari layanan Facebook adalah gambar, pesan, dan event (acara).

Sebagai jalan keluarnya, kamu bisa memilih layanan lain yang mewakili ketiga hal tersebut.

 

2 dari 3 halaman

2. Pesan

Ada banyak pilihan layanan pesan singkat, yang bahkan dinilai jauh lebih baik daripada Facebook Messenger. Jika kalian hanya ingin lepas dari Facebook.com, bukan Facebook Inc secara keseluruhan, maka WhatsApp dapat menjadi pilihan.

WhatApp merupakan salah satu layanan milik Facebook, tapi enkripsinya dinilai jauh lebih baik daripada Facebook Messenger. Selain itu, WhatsApp sejauh ini juga masih bebas iklan.

Alternatif lain, kamu bisa mencoba layanan seperti BBM atau Telegram. BBM sendiri merupakan layanan dengan enkripsi pesan yang sangat baik, gratis, dan mudah digunakan.

3. Acara

Events merupakan salah satu fitur yang digunakan oleh pengguna Facebook untuk membuat undangan acara. Facebook sudah menyediakan sistem khusus, sehingga pengguna cukup mencantumkan keterangan seperti tanggal, lokasi, dan co-host.

Jangan khawatir, layanan serupa Events juga bisa ditemui di luar Facebook. Salah satunya adalah Paperless Post, layanan berbasis email yang bisa digunakan jika ingin mengadakan acara pribadi berskala kecil.

Untuk mengadakan acara berskala besar, maka kamu bisa memilih aplikasi Eventbrite. Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store dan App Store.

 

3 dari 3 halaman

4. Gambar

Ini mungkin akan menjadi hal yang cukup sulit. Ada banyak layanan berbagi foto, baik itu media sosial atau Google Photos dan iCloud Photo, tapi Facebook mungkin jauh lebih menyenangkan, terutama karena banyak teman kamu di sana.

Facebook sendiri merupakan layanan internet berbagi foto terbesar di dunia, sedangkan Instagram berada di nomor dua.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada alternatif. Kamu tetap bisa menggunakan Instagram, meski layanan tersebut milik Facebook. Namun jika ingin benar-benar lepas dari Facebook, pilihan terbaik mungkin jatuh pada Twitter atau Tumblr.

Semoga, empat panduan sederhana ini bisa membantu kalian dapat terus bersenang-senang di internet tanpa menggunakan Facebook.

Namun, sebelum menghapus akun kalian di Facebook, tak ada salahnya memikirkan dengan baik keputusan tersebut, seperti keuntungan dan kerugiannya.

Selamat mencoba!

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Langkah Antisipasi Facebook Setop Kebocoran Data
Artikel Selanjutnya
Bos Facebook: Saya Siap Dipanggil Kongres AS