Sukses

Sebelum Belanja, Emak-Emak Zaman Now Cari Info Produk Lewat Internet

Liputan6.com, Jakarta - Google memaparkan salah satu hal menarik tentang pengguna internet di Indonesia. Salah satunya adalah fakta satu dari empat pengguna internet di Indonesia adalah seorang ibu.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh Google bersama dengan Kantar TNS.

Dalam hasil survei yang dipublikasikan di Jakarta, Kamis (22/2/2018), Insights Specialist Google Indonesia Ariyani Dwijayanti memaparkan, ibu-ibu milenial atau biasa disebut emak-emak zaman now ternyata cenderung mencari berbagai informasi seputar pengasuhan anak di internet.

Informasi seputar pengasuhan anak yang dicari antara lain berkutat seputar bayi, kehamilan, hingga pertumbuhan anak-anak. Menariknya, ibu-ibu pengguna internet juga kerap mencari informasi produk bayi yang ingin dibeli lewat internet.

Kata Ariyani, berdasarkan hasil survei, 69 persen konsumen akan melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian.

Kendati begitu, bagi konsumen di Indonesia terutama ibu-ibu, keputusan untuk membeli produk datang dari kebutuhan mereka alih-alih dari promosi besar-besaran yang dilakukan sebuah merek.

"Ada yang (melakukan) riset sejak lama sebelum membeli, tetapi paling banyak dalam hitungan jam sebelum membeli. Menariknya, 7 dari 10 orang akan riset secara online sebelum membeli produk," kata Ariyani.

Adapun informasi yang ingin dicari tahu oleh emak-emak zaman now sebelum membeli produk, antara lain adalah harga terbaik, informasi produk, hingga ulasan dari pakar.

1 dari 3 halaman

Saling Berbagi Informasi

Tidak berhenti hingga mendapatkan barang yang dibutuhkan, ibu-ibu masa kini Indonesia ternyata makin aktif di internet.

"Setelah membeli banyak, moms sering membagikan pengalaman tentang produk yang dibeli tersebut secara online. Entah melalui forum, media sosial, hingga blog pribadi mereka," katanya.

Berdasarkan volume pencarian para ibu di Google, Ariyani mengungkap, ibu-ibu paling banyak mencari susu dan personal care seperti shampo atau shower gell untuk bayi.

Sementara itu, Senior Marcomm dan Manager Blibli.com, Lani Rahayu mengatakan, di platform-nya, ibu-ibu lebih banyak melakukan pembelian lewat smartphone.

"Milenial moms sangat smart, ada perbedaan karakter antara moms audience dengan kategori lain. Mereka terlebih dahulu mencari informasi tentang produk, menemukan data, kemudian langsung beli lewat mobile," katanya.

Lani menyebut, ada perbedaan signifikan pada konsumen Blibli.com pada 2013 dan tahun sebelumnya. "Sebelum 2013, masih agak jarang moms di Blibli.com, tetapi semakin ke sini, 64 persen pembelian ada di kategori ibu dan anak," ucap Lani.

Lebih lanjut, Lani menyebut pada 2011, gadget adalah kategori produk yang paling banyak di Blibli.com. Namun dengan makin banyaknya panetrasi internet dan smartphone, pada 2013, pencarian di ibu dan anak mengalami peningkatan.

"Susu adalah hal pertama yang dicari ibu-ibu, personal care, dan popok," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Emak-Emak Zaman Now Lebih Pintar Cari Informasi

Ariyani mengatakan, dengan meningkatnya panetrasi internet dan smartphone, ibu-ibu mendapatkan informasi lebih baik dari internet. Pasalnya, di internet para ibu milenial bisa mendapatkan informasi baik dari pakar serta pengalaman ibu lain.

"Dengan banyaknya sumber, ibu-ibu memiliki banyak sumber dan bisa mengkroscek kebenaran informasi yang didapatkannya. Karena mereka lebih mudah cari info, biasanya mereka tidak hanya cek satu sumber tetapi banyak sumber dan membuat pertimbangan cerdas. Terutama mereka mencari tahu dari website yang terpercaya," kata Ariyani.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Emak-Emak Zaman Now Hobi Searching di Internet, Cari Apa?
Artikel Selanjutnya
Cara Mengembalikan Fitur View Images di Google