Sukses

Emak-Emak Zaman Now Hobi Searching di Internet, Cari Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Milenial moms alias emak-emak zaman now ternyata sering melakukan pencarian di internet. Menurut hasil survei Google bersama lembaga riset Kantar TNS, tingkat penggunaan internet di kalangan ibu tumbuh pesat dibandingkan sebelumnya.

Sekadar informasi, saat ini 132 juta masyarakat Indonesia merupakan pengguna internet. 79 persen di antara mereka menggunakan internet tiap harinya dan gemar mengakses internet lewat smartphone.

Oleh karenanya, tidak mengherankan jika para ibu milenial melakukan pencarian tentang banyak hal, termasuk sebelum membeli produk. Bahkan, riset tersebut juga mencatat 69 persen pengguna internet di Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online dengan melakukan pencarian.

Diungkapkan oleh Insight Specialist-CPG Google Indonesia, Ariyani Dwijayanti, hasil survei mengungkap 1 dari 4 orang yang mengakses internet adalah seorang ibu. Hal ini didasarkan pada topik pencariannya di internet.

"Satu dari empat orang Indonesia yang terhubung ke internet adalah seorang ibu dengan topik mengenai parenting yang paling dicari. Topik tentang parenting terus naik setiap tahunnya sebesar 26 persen," kata Ariyani di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Berkaitan dengan topik tersebut, Ariyani mengatakan, ada hal yang paling banyak dicari di internet. Menurutnya, 52 persen ibu mencari tentang bahasan kehamilan. Mereka mencari mulai dari tanda kehamilan, persiapan kehamilan, persiapan kelahiran, kesuburan, hingga nama untuk anak-anak.

Ariyani Dwijayanti, Insights Specialist Google Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kedua, kata Ariyani, ibu-ibu banyak mencari berbagai hal yang berhubungan tentang bayi dengan persentase pencarian 16 persen.

"Banyak hal berkaitan tentang bayi yang dicari, misalnya musik untuk bayi, bahasan menyusui, makanan bayi, pertumbuhan bayi, hingga perlengkapan bayi," ucap Ariyani.

1 dari 2 halaman

Resep Masakan Juga Paling Dicari

Unlimited Internet 4G mampu membuat netizen merasa puas ketika mengakses internet. Mengapa?

Tidak hanya itu, ibu-ibu juga rupanya kerap melakukan pencarian tentang anak-anak (32 persen). Misalnya saja berkaitan dengan pendidikan anak-anak, musik untuk anak-anak, cerita untuk anak-anak, tips menjadi orangtua, hingga tahapan pertumbuhan anak.

Selain ketiga hal di atas, Ariyani menyebut, ibu-ibu sebagai seorang pusat dari keluarga juga kerap mencari tentang resep masakan. "Memang pencarian tentang parenting itu paling besar, tetapi mom adalah family focus, makanya selain parenting bisa mencari tentang resep masakan," kata Ariyani.

Lebih lanjut, ibu sebagai seorang wanita juga banyak melakukan pencarian mengenai entertainment. "Mom itu butuh entertainment juga, misalnya mereka menonton channel YouTube tentang reality show atau talk show," kata dia.

Tidak hanya itu, ibu-ibu juga rupanya gemar melakukan pencarian tentang tutorial kecantikan. Dalam hal ini misalnya make up tutorial atau hijab tutorial.

Lebih lanjut, disebutkan Ariyani, tidak hanya lewat pencarian internet. Ibu-ibu milenial juga sering mengakses video streaming untuk menemukan tutorial menjadi orangtua yang lebih baik.

"Video online juga menjadi salah satu sumber bagi ibu-ibu milenial untuk mencari informasi tentang parenting. Bahkan, waktu menonton (watch time) saluran parenting di YouTube tumbuh hampir 5 persen dibandingkan tahun lalu di Indonesia," tutur Ariyani.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Polisi Lepas Emak-Emak Tuli Pelanggar Lalu Lintas
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Imbau UMKM Lokal Terjun ke Pasar Digital