Sukses

Nokia dan Qualcomm Tuntaskan Uji Coba 5G

Liputan6.com, Finlandia - Nokia dan Qualcomm berhasil menuntaskan uji coba interoperabilitas di spektrum 3.5Ghz dan 28Ghz yang sesuai dengan standar 3GPP 5G New Radio yang resmi dikonfirmasi pada Desember 2017.

Uji coba itu menggunakan base station Nokia AirScale dan prototipe perangkat dari Qualcomm yang telah tersedia secara komersial.

Berfokus pada komersialisasi teknologi 5G, dengan New Radio sebagai dasarnya, uji coba yang dilakukan di Pusat Teknologi 5G milik Nokia di Oulu, Finlandia itu akan menjadi standar uji coba lapangan untuk 5G New Radio bersama para operator di tahun ini.

"Beberapa uji coba yang dilakukan Nokia dan Qualcomm penting demi kemajuan 5G. Utamanya adalah uji coba tersebut menunjukkan bagaimana kami telah secara cepat menerapkan spesifikasi 3GPP Release 15 dengan menggunakan base station AirScale, yang telah digunakan oleh lebih dari 100 pelanggan, bersama dengan prototipe Qualcomm Technologies UE," kata Marc Rouanne, President of Mobile Networks, Nokia melalui keterangan tertulisnya, Selasa (20/2/2018).

Sementara Cristiano Amon, President of Qualcomm Incorporated, mengatakan kesuksesan penyelesaian koneksi interoperabilitas end-to-end berbasis standar 5G New Radio global merupakan suatu langkah penting dalam upaya meluncurkan jaringan dan perangkat komersial 5G New Radio yang akan dimulai pada tahun 2019.

"Kami menantikan kolaborasi lebih lanjut dalam uji coba lapangan yang sesuai dengan standar, bersama dengan Nokia dan para operator global dalam rangka mewujudkan komersialisasi teknologi 5G New Radio," pungkasnya.

1 dari 2 halaman

Dukung Beragam Layanan 5G

Nokia, Qualcomm, dan sejumlah operator termasuk BT/EE, Deutsche Telekom, Elisa, KT, LGU+, DOCOMO NTT, Optus, SKT, Telia dan Vodafone Group berkomitmen untuk bekerja sama dalam memverifikasi dan menguji teknologi 5G New Radio.

Kerja sama tersebut akan merujuk pada kesuksesan uji coba interoperabilitas untuk antarmuka 5G New Radio yang fleksibel guna mendukung beragam layanan 5G dan berbagai skenario penerapan.

Sejalan dengan pengumuman Qualcomm Technologies dan Nokia pada September 2017 untuk berkolaborasi di bidang 5G New Radio dan dengan keberhasilan uji coba yang dilaksanakan baru-baru ini, keduanya terus bekerja sama dalam mengembangkan industri ini guna memperluas penerapan 5G secara besar-besaran pada 2019.

Hal ini memungkinkan peluncuran jaringan komersial yang sesuai target waktu pada 2019, khususnya di Amerika Serikat, China, Jepang, Korea, dan Eropa.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Orang Indonesia Getol Internetan Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
Orang Indonesia Paling Doyan Internetan Pakai Smartphone