Sukses

Mana Kamera Tercanggih: iPhone X, Google Pixel 2, atau Galaxy Note 8?

Liputan6.com, Jakarta - Kamera adalah salah satu komponen yang paling diperhatikan ketika membeli smartphone baru. 

Sekarang, fitur kamera di smartphone tak hanya sebatas melihat megapixel saja, tetapi juga memperhatikan fitur-fitur lain yang menunjang keindahan foto.

Pada 2018, Apple, Google, dan Samsung merilis flagship smartphone mereka, yaitu Apple iPhone X, Google Pixel 2, dan Galaxy Note 8. Tapi siapa dari mereka yang memiliki fitur kamera yang paling mutakhir?

Berikut ulasannya yang dilansir dari situs resmi mereka sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com via CNET, Sabtu (17/2/2018).

 

1 dari 4 halaman

1. iPhone X

CNET menempatkan iPhone X di urutan pertama dengan skor 9 untuk desain, fitur, dan kamera, dan skor 10 untuk performa.

Untuk informasi, iPhone X juga menjadi iPhone pertama yang menghadirkan fitur pemindaian wajah, FaceID. 

iPhone X memiliki kamera belakang 12MP dan depan 7MP, serta filter warna terbaru. Kamera depan dan belakangnya memiliki stabilisasi citra optik (OIS, Optical Image Stabilization, ) dan lensa cepat untuk mengambil foto keren walau minim pencahayaan.

Dilansir dari situs Apple, dari segi zoom produk ini memberikan kekuatan zoom sebanyak 10 kali untuk foto dan 6 kali untuk video.

Untuk pecinta selfie, iPhone X menghadirkan fitur TrueDepth, dengan fitur Portrait Mode sehingga bagian depan wajah akan tampak detail dan tampak belakang akan tampak blur secara artistik.

Fitur lainnya adalah Portrait Lighting yang diklaim memberikan efek pencahayaan berkualitas studio.

Ada juga fitur Animoji yang menganalisa pergerakan otot di wajah dan bisa memunculkan animoji (emoji hewan lucu) yang menyerupai ekspresi mereka.

 

2 dari 4 halaman

2. Google Pixel 2

Diketahui, Google Pixel 2 memiliki kamera belakang 12.2MP dan kamera depan 8MP. 

Kekuatan dari kamera Pixel 2 adalah software yang sangat mumpuni, sehingga hasil jepretan kamera depan dapat tampil luar biasa meski tidak memiliki sensor seperti di bagian belakang.

CNET turut mengakui kemampuan pengambilan gambar dan software Pixel 2 yang fantastis. Kamera Pixel 2 dipuji karena dapat beradaptasi dengan lingkungan yang menyulitkan seperti kekurangan cahaya, bayangan, atau latar belakang yang terlalu terang.

Namun sayang, untuk urusan efek Bokeh, iPhone X disebut memiliki efek yang lebih bagus ketimbang Pixel 2.

3 dari 4 halaman

3. Samsung Galaxy Note 8

Kamera Galaxy Not e8 disebut 'kuat'dan mengesankan.

Kekuatan smartphone ini terletak pada adanya dual sensor serta OIS yang menghasilkan foto yang stabil meskipun kamera bergoyang.

Dilansir dari situs Samsung, Fitur Bokeh juga menjadi keunggulan Galaxy Note 8, dan para pengguna dapat dengan mudah mengatur latar belakang yang dikenakan efek Bokeh setelah selesai mengambil foto, jadi pengguna tidak perlu repot mengambil ulang foto.

Tangkapan kamera Galaxy Note8 juga amat luas karena kehadiran fitur Dual Capture yang dapat menangkap hal-hal di luar fokus kamera.

Seperti disebutkan sebelumnya, Galaxy Note 8 merupakan smartphone pertama Samsung yang hadir dengan dual kamera sebagai kamera utamanya.

Masing-masing lensa kamera utama memiliki resolusi 12MP (megapiksel), di mana satu lensa wide dengan aperture f1.7 dan lensa tele f2.4 dengan kemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 10x.

Tak hanya itu, Samsung juga menyematkan teknologi OIS di kedua lensanya agar kamera Galaxy Note 8 dapat mengambil foto dengan sempurna meskipun dalam keadaan bergerak.

Penggemar selfie juga pasti menyukai Galaxy Note 8 karena ponsel ini memiliki kamera depan yang detail dan terang.

Ada juga kehadiran Food Mode yang membuat jepretan makanan kamu semakin mengundah selera dan wisata kuliner kamu semakin seru.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Manufaktur iPhone: Smartphone Premium Laris Manis Tahun Ini
Artikel Selanjutnya
Apple Selidiki Masalah Panggilan Telepon Masuk di iPhone X