Sukses

Kamera Pintar Google Dijual Rp 3 Jutaan, Kapan Masuk Indonesia?

Liputan6.com, Mountain View - Google Clips akhirnya resmi dilepas ke pasaran. Kamera tersebut dibanderol seharga US$ 249 atau setara dengan Rp 3,3 jutaan. Sayang, tidak diungkap kapan kamera tersebut akan masuk ke pasar Indonesia.

Dengan harga tersebut, Google Clips mengusung spesifikasi kamera yang terbilang canggih. Menurut yang dilansir Android Authority, Rabu (31/1/2018), Clips adalah kamera yang dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Dengan kemampuan ini, Clips bisa memotret pengguna tanpa harus diminta.

Google mendesain Clips mirip dengan kamera action yang mengusung fisik berbentuk persegi. Di permukaan badannya, cuma ada lensa dan tombol shutter, tidak dilengkapi layar atau viewfinder seperti kamera digital lain.

Karena itulah Clips tidak membutuhkan layar. Tombol shutter yang ada di badan kamera pun sebetulnya tidak terlalu diperlukan, mengingat Clips bisa memotret dan merekam video secara otomatis.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan simpel. Pengguna hanya perlu memutar lensa untuk menyalakan kamera, dan meletakannya ke tempat yang diinginkan. Dari situ, Clips akan 'bekerja' dan mengamati keadaan sekeliling dengan lensa ultra-wide 130 derajat.

1 dari 3 halaman

Mencari Ekspresi Wajah

Dari sini, Clips juga akan menggunakan kecerdasan buatan untuk bisa mencari ekspresi atau wajah orang lain, dan bisa memperhitungkan kapan ia bisa menjepret foto atau merekam video.

Tak cuma manusia, Clips juga mengenali wajah hewan seperti anjing dan kucing. Semakin sering dipakai, kamera ini juga akan terbiasa mengenali wajah orang atau hewan yang ia sering potret.

"Clips akan memotret orang-orang yang dikenalnya serta merekam momen yang seru, tanpa harus diminta si pemilik kamera. Kami ingin siapa pun bisa mengabadikan momen dengan mudah bersama Clips," ujar Juston Payne, Product Manager Google.

2 dari 3 halaman

Format Clips

Clips sendiri mampu memotret 15 frames foto dalam satu detik dan memilah foto yang paling stabil untuk disimpan. Untuk urusan video, ia bisa merekam video dalam format klip pendek berdurasi tujuh detik.

Untuk kapasitas penyimpanan, Clips memiliki memori internal 16GB dengan koneksi USB Type C, Wi-Fi Direct, dan Bluetooth.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Google dan MediaTek Besut Chipset untuk Perangkat Android Things
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Rilis Smartwatch Pixel