Sukses

Posting Foto di Instagram Kini Bisa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, Jakarta - Instagram menggulirkan fitur terbaru yang cukup membantu penggunanya. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunggah posting sesuai jadwal.

Dengan demikian, kamu bisa mengunggah posting dengan jadwal yang diinginkan. Bisa hari ini, malam nanti, esok hari, lusa, atau beberapa hari ke depan.

Namun demikian, fitur tersebut hanya bisa digunakan untuk Instagram Business. Kategori posting pun masih hanya foto. Pun begitu, Instagram berjanji akan meluncurkan fitur ini untuk pengguna reguler. Mereka juga tengah mempersiapkan fitur tersebut untuk posting video.

Menurut yang dilansir The Verge, Jumat (2/2/2018), kehadiran fitur ini diklaim dapat memudahkan pengguna Instagram Business.

Pasalnya, pengguna Instagram Business yang kebanyakan berasal dari pedagang online tersebut tak perlu lagi mengunggah posting foto secara langsung.

Dengan fitur itu, mereka bisa menjadwalkan foto-foto yang hendak diunggah dan bisa merancang konten dengan waktu yang lebih banyak.

Sayangnya, fitur ini masih tersedia via tool third-party, seperti HootSuite, Sprout Social, serta beberapa platform lain seperti Facebook Marketing Partner atau Instagram Partner.

Antarmukanya sendiri mirip dengan kalender atau aplikasi reminder, pengguna hanya perlu memilih tanggal dan waktu unggah, dan tinggal pilih foto yang ingin dipublikasikan.

1 dari 3 halaman

Instagram Juga Rilis Video Call?

Selain fitur posting foto sesuai jadwal, Instagram juga dikabarkan bakal menghadirkan fitur baru, yakni video call. Informasi ini memang masih simpang siur, namun fitur tersebut diketahui pertama kalinya lewat blog WhatsApp, WABetaInfo.

Berdasarkan keterangan di laman WABetaInfo, Instagram tampak menghadirkan tombol video call yang ada di bagian kanan atas chat screen.

Lebih lanjut disebutkan, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah menerima Direct Message dari pengguna lain. Artinya, kalau pesan tak diterima, keduanya tidak bisa melakukan video call.

Mengutip laman Tech Crunch, fitur video call memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain dalam panggilan video melalui Direct Message Instagram.

2 dari 3 halaman

Masih Belum Pasti

Jika benar ada, kehadiran fitur itu memungkinkan orang untuk lebih lama berada di dalam aplikasi Instagram, sekaligus berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Sementara, kalau di Facebook orang cenderung berlama-lama hanya untuk menjelajah berbagai hal, tanpa komunikasi, dan ini dianggap tidak begitu baik untuk kondisi mental seseorang.

Sayangnya, saat dimintai respons tentang kemungkinan hadirnya fitur video call, Instagram enggan berkomentar.

"Kami tidak memberikan komentar terkait rumor dan spekulasi," kata juru bicara Instagram.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Unggah Kata-Kata di Instagram Stories Kian Asyik dengan Type Mode
Artikel Selanjutnya
Facebook Punya 1,4 Miliar Pengguna Harian