Sukses

Asus Resmi Gulirkan Android Oreo untuk Zenfone 3

Liputan6.com, Jakarta - Asus menepati janjinya untuk menggulirkan pembaruan Android Oreo untuk Zenfone 3. Menurut laporan terbaru, perusahaan asal Taiwan tersebut akhirnya merilis versi terbaru Android untuk smartphone tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (31/1/2018), pembaruan ini dirilis untuk Zenfone 3 dengan layar 5,2 inci dan Zenfone 3 dengan layar 5,5 inci.

bacajuga:Baca Juga](3232572 3219195 3197286)

Salah satunya adalah kedatangan fitur geser ke atas untuk membuka akses ke aplikasi, mirip dengan versi Android Stock. Tak hanya itu, tampilan antarmuka juga tampil lebih apik dengan perubahan desain ikon aplikasi.

Asus juga menyebut pembaruan ini menampilkan desain pengaturan smartphone yang lebih mudah digunakan. Sejumlah aplikasi seperti Minimove, Photo College, dan Do It Later dihapus setelah mendapatkan pembaruan ini.

Pembaruan juga menghadirkan fitur bawaan Android Oreo, seperti notification dots, picture in picture, dan notifikasi yang lebih detail. Bersamaan dengan update ini, Asus juga merilis patch keamanan paling baru.

Bagi kamu yang tertarik, pembaruan ini berukuran 1,5GB. Mengingat memori internal yang akan berkurang cukup banyak setelah pembaruan terpasang, tak ada salahnya melakukan backup sejumlah data penting.

1 dari 3 halaman

Android Oreo Bakal Sambangi Asus Zenfone 4 Bulan Ini

Selain Zenfone 3, Asus juga disebut akan menggulirkan pembaruan Android Oreo untuk Zenfone 4. Menurut laporan dari forum Asus, pengguna Zenfone 4 sudah dapat menikmati Android anyar itu sejak Desember 2017. 

Sama seperti di Zenfone 3, Asus menghadirkan sejumlah perubahan dalam pembaruan ini. Beberapa di antaranya perubahan ikon aplikasi, tampilan pengaturan yang lebih mudah, dan geser ke atas untuk mengakses aplikasi. 

Asus sendiri memang menepati janjinya untuk menghadirkan Android Oreo di Zenfone 3 dan Zenfone 4. Sebab, Head of Global Content Marketing Asus, Marcel Campos, saat peluncuran Zenfone 4, menyebut perusahaan akan menggulirkan Android Oreo untuk dua seri itu. 

 

2 dari 3 halaman

Adopsi Android Oreo Baru 1 Persen

Kendati sejumlah vendor sudah mulai merilis pembaruan Android Oreo, adopsi sistem operasi itu nyatanya belum signifikan. Bahkan, tingkat adopsi Android Oreo belum juga menyentuh angka 1 persen.

Berdasarkan data terbaru, distribusi OS Android Oreo mencapai 0,7 persen, naik 0,2 persen dari bulan lalu. Secara rinci distribusinya adalah versi 8.0 sebesar 0,5 persen dan versi 8.1 sebesar 0,2 persen.

Dilansir GSM Arena, versi Android paling populer adalah Marshmallow dengan jumlah distribusi sebesar 28,6 persen. Namun, jumlahnya turun dari 29,7 persen pada Desember 2017. 

Android Nougat berada di posisi kedua dengan 26,3 persen, sedangkan Lollipop di peringkat selanjutnya dengan 25,1 persen.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Harga Samsung J2, J2 Prime, dan J2 Pro Terbaru 2018, Dari Baru Hingga Bekas
Artikel Selanjutnya
3 Smartphone Baru dengan Snapdragon 845 Segera Rilis di Indonesia, Apa Saja?