Sukses

Nintendo Resmi Tutup Layanan Miitomo Mei 2018

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo baru saja mengumumkan tak akan melanjutkan kelangsungan gim mobile pertama besutannya, Miitomo. Hal itu diinformasikan Nintendo melalui situs resminya beberapa waktu lalu.

Dikutup dari CNET, Sabtu (27/1/2018), kelangsungan gim akan resmi berakhir pada 9 Mei 2018. Dengan kata lain, gim ini hanya berumur 2 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Nintendo juga sudah mengumumkan sejumlah hal penting terkait berakhirnya layanan dari Miitomo. Pengembang asal Jepang itu memastikan setelah 9 Mei 2018, seluruh fitur di dalam aplikasi tak akan berfungsi.

Selain itu, item yang sudah didapatkan dalam permain, seperti pakaian, wallpaper, atau poster tak dapat digunakan. Pemain dapat memindahkan karakter Mii-nya ke akun Nintendo yang terhubung dengan Miitomo, tapi hal itu tak berlaku untuk informasi lain.

Setelah layanan Miitomo dihentikan, pengguna juga tak dapat melihat kembali Miitomo, termasuk yang dibagikan di media sosial. Maka dari itu, pengguna disarankan untuk menyimpannya di perangkat sebelum 9 Mei 2018.

Kendati demikian, penjualan koin termasuk bonus harian yang didapatkan pemain masih berlaku hingga layanan ini berakhir pada 9 Mei 2018.

Sebagai tambahan, ikon dan pakaian bertema Miitomo yang digunakan di akun Nintendo atau Super Mario Run tak akan muncul setelah layanan ini tutup.

 

1 dari 3 halaman

Rilis Pertama pada 2016

Sekadar informasi, Miitomo sendiri diperkenalkan pertama kali pada Maret 2016 untuk wilayah Jepang. Baru satu bulan kemudian, gim ini baru hadir secara resmi untuk pasar global.

Untuk debutnya di mobile platform, Nintendo bekerja sama dengan DeNA untuk pengembangan gim-gim mereka di platform ini. Gim debut Nintendo di mobile ini hadir dengan konten sosial.

Pemain akan diminta untuk membuat sebuah karakter (avatar) berdasarkan penampilan dan kepribadian karakter dalam gim. Mereka akan dipasangkan dengan player lainnya untuk saling berinteraksi.

Pemain juga dapat mengostumisasi karakter dengan berbagai pilihan baju dan aksesoris--sepertinya akan banyak pemain muda yang tertarik.

2 dari 3 halaman

Sempat Ditinggal Pemain

Kendati demikian, perjalanan gim ini memang tak selalu mulus. Hal itu terbukti saat sempat Miitomo kehilangan pemain setianya sebesar 48 persen.

Hal itu terjadi hanya selang beberapa bulan setelah gim ini rilis secara global. Berbagai kendala mulai dari fitur dan update yang lambat merupakan beberapa alasan mengapa Miitomo ditinggal pemainnya.

Untuk mengatasi itu, Nintendo memperkenalkan mini-gim Candy Drop baru di dalam gim Miitomo. Sekadar informasi, Candy atau permen bisa kamu dapatkan dengan memainkan beberapa mini-gim di dalam Miitomo.

Sebelumnya permen hanya digunakan untuk membuka jawaban tambahan dari teman kamu di dalam gim. Namun, dengan pembaruan yang akan datang, pemain dapat menggunakan permen tersebut untuk membeli berbagai hal di dalam gim.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Bocor di Internet, Mega Man 11 Rilis 3 Oktober 2018
Artikel Selanjutnya
Ikutan Nintendo, Sony Bakal Luncurkan Konsol PS1 Classic Edition?