Sukses

Foto Instagram Stories Bakal Bisa Diunggah dalam Berbagai Ukuran

Liputan6.com, Jakarta - Stories merupakan salah satu layanan paling populer di Instagram. Oleh karena itu, Instagram pun merilis banyak fitur baru untuk Stories.

Setelah pada Rabu (24/1/2018) merilis stiker animasi GIF untuk Stories, kini Instagram sedang bersiap merilis fitur baru lainnya untuk Stories. Dalam beberapa pekan lagi, Instagram akan meluncurkan fitur yang membuat para pengguna menjadi lebih mudah mengunggah foto atau video ke Stories.

Para pengguna Instagram akan lebih mudah mengunggah konten tanpa melakukan cropping (pemotongan). Secara khusus, pengguna akan bisa membagikan foto dan video dalam dimensi aslinya yaitu portrait atau landscape, tanpa harus menggunakan teknik cropping atau pengeditan tambahan.

"Ketika Anda mengunggah foto atau video, Anda dapat membagikannya dalam dimensi aslinya, portrait, atau landscape. Setiap ruang sisa dalam unggahan Anda akan diisi oleh gradien warna, atau Anda juga bisa memperbesar foto tersebut untuk mengisi ruang yang tersisa," tulis Instagram dalam keterangan resminya, Kamis (25/1/2018).

Selama ini, gambar yang diunggah ke Stories menggunakan format 19:16 untuk tampilan portrait atau 16:9 jika menginginkan pengguna lain memutar ponsel mereka untuk melihatnya dalam modus landscape.

Namun dengan rencana baru Instagram, para pengguna tidak perlu memutar ponsel mereka untuk melihat foto atau video dalam modus landscape.

Sayangnya, Instagram tidak memberikan detail tentang fitur baru tersebut. Selain itu, tanggal peluncurannya juga belum diketahui.

1 dari 3 halaman

Stiker GIF Meluncur di Instagram Stories

Instagram terakhir merilis stiker animasi GIF untuk Stories. Kehadiran fitur baru ini membuat layanan Instagram Stories kian menarik dan menyenangkan.

Stiker animasi GIF di Instagram Stories (Foto: Instagram)

Stiker animasi GIF ini didukung oleh Giphy dan sudah dirilis untuk para pengguna Instagram mulai hari ini, Rabu (24/1/2018). Laporan tentang rencana Instagram merilis stiker animasi GIF ini sebenarnya sudah beredar sejak pekan lalu. Hingga akhirnya fitur tersebut sudah bisa diakses oleh para pengguna.

Saat kalian memilih opsi untuk menambahkan stiker ke sebuah foto atau video di Stories, akan ada pilihan terbaru yaitu GIF. Tekan GIF untuk membuka library berisi stiker-stiker dari Giphy.

Kalian juga dapat menelusuri stiker yang sedang tren saat ini atau mencari yang paling cocok dengan keinginan. Pasalnya, Giphy memiliki banyak pilihan stiker GIF.

"Mulai dari huruf yang memantul, stiker hati yang bisa berputar, hingga kucing yang menari dan pizza di luar angkasa, stiker-stiker ini akan membuat foto dan video Anda menjadi lebih lucu, menarik, dan kreatif. Tambahkan stiker GIF sebanyak yang Anda inginkan untuk membuat foto atau video Anda yang terlihat biasa, menjadi lebih seru, ekspresif, dan artistik untuk dibagikan," ungkap Instagram.

2 dari 3 halaman

Instagram Siapkan Aplikasi Direct Mandiri

Instagram memang kerap merilis berbagai fitur baru. Terlepas dari beberapa yang sudah diumumkan, Instagram belakangan dilaporkan sedang menyiapkan aplikasi pesan singkat bernama Direct. Aplikasi ini disebut sedang menjalani proses pengujian di enam negara yaitu Chili, Israel, Italia, Portugal, Turki dan Uruguay.

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Aplikasi uji coba ini bisa diunduh di toko aplikasi Android dan iOS. Ketika pengguna mengunduh aplikasi mandiri Direct, fitur inbox yang ada di aplikasi Instagram akan hilang. Alhasil, pengguna hanya bisa mengakses semua pesan Instagram di aplikasi Direct.

Sejauh ini belum ada informasi apakah Direct akan dirilis ke seluruh dunia. Jika demikian, maka peluncurannya bisa membuat induk usahanya, Facebook, memiliki aplikasi pesan populer baru selain Messenger dan WhatsApp.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Piihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Sudah Tahun 2018, Reza Rahadian Tetap Ogah Bikin Instagram
Artikel Selanjutnya
Stiker GIF Meluncur di Instagram Stories