Sukses

Samsung Pastikan Rilis Galaxy S9 di Mobile World Congress

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan flagship smartphone Samsung terbaru, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus telah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu.

Samsung Electronics pun memastikan akan merilis penerus Galaxy S8 itu di ajang Mobile World Congress (MWC), Februari 2018 di Barcelona, Spanyol.

Diungkapkan President of Mobile Communications Business Samsung Electronics DJ Koh, flagship smartphone pertama Samsung di tahun 2018 ini akan diluncurkan Februari ini. Demikian dikutip Tekno Liputan6.com dari ZDNet, Rabu (10/1/2018).

Ini bukan pertama kalinya Samsung merilis flagship smartphone-nya di MWC. Dua tahun lalu, Samsung juga merilis Samsung Galaxy S7 di konferensi perangkat mobile tersebut.

Sebelumnya, ada rumor yang menyebut Samsung akan meluncurkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, yang kini tengah berlangsung.

Sekadar informasi, pada Maret 2017, Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy S8 dalam sebuah acara Unpacked Event di New York. Perusahaan Korea Selatan itu kemudian memulai penjualan Galaxy S8 sebulan setelahnya, yakni April 2017.

Lantas, untuk duo Galaxy S9, Samsung bakal memulai menjualnya sekitar bulan Maret atau sebulan setelah dirilis.

Soal teknologi yang ada di dalamnya, Koh mengatakan, smartphone tersebut akan didukung dengan asisten virtual cerdas Bixby 2.0 yang juga diperkenalkan tahun ini.

Tak lupa, Koh juga menekankan bahwa pada 2020 mendatang, semua perangkat Samsung akan didukung oleh asisten virtual cerdas.

1 dari 3 halaman

Bocoran Spesifikasi Galaxy S9

Belum ada konfirmasi soal spesifikasi Samsung Galaxy S9 yang bakal dirilis akhir Februari 2018 ini.

Namun demikian, dipastikan Galaxy S9 bakal diperkuat dengan prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 845.

Akan ada dua smartphone yang diperkenalkan, yakni Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Untuk Galaxy S9 kabarnya tidak dilengkapi dengan kamera ganda. Hanya Galaxy S9 Plus yang akan dibekali kamera ganda di bodi belakangnya.

Berdasarkan bocoran, pemindai sidik jari tidak ditempatkan di samping lensa kamera belakang seperti pada Galaxy S8, melainkan di bawah lensa kamera.

Masih berdasarkan bocoran, Samsung S9 diduga menjadi smartphone pertama Samsung yang menawarkan ruang penyimpanan hingga 512GB.

2 dari 3 halaman

Smartphone Lipat Samsung Melenggang 2019

Koh mengatakan, perusahaan sebelumnya berencana meluncurkan smartphone lipat (foldable phone) pada tahun depan atau meleset dari perkiraan. Kepada wartawan, Koh mengumumkan smartphone lipat bakal dirilis pada 2018.

Dia mengatakan, hambatan utama yang membuat ditundanya perilisan smartphone lipat Samsung karena masalah UX, yakni terkait komersialisasinya.

Sumber dalam perusahaan mengatakan, Samsung memiliki rencana tentatif untuk memulai produksi smartphone lipat pada akhir tahun 2018.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jelang Rilis, LG Q7 Dapat Restu dari FCC
Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy S7 Bakal Cicipi Android Oreo, Ini Tanggal Rilisnya