Sukses

Samsung Lirik Desain Ponsel Dual Layar

Liputan6.com, Seoul - Samsung terus berusaha melahirkan banyak inovasi baru di industri smartphone. Menurut sebuah laporan, Samsung kini tertarik untuk membuat smartphone dengan desain dua layar.

Dilansir Business Insider, Rabu (10/1/2018), informasi mengenai paten ini pertama kali dipublikasikan oleh sebuah blog Belanda, LetsGoDigital. Paten tersebut berisi sejumlah ide Samsung untuk desain smartphone masa depan, yang dilengkapi layar pada sisi depan dan belakang handset.

Paten tersebut terdaftar di World Intellectual Property Organization (WIPO) pada 4 Januari 2018, padahal sudah diserahkan sejak 12 April 2017. Dalam paten ini, terdapat tiga model perangkat dengan berbagai fungsi berbeda.

Model smartphone pertama memperlihatkan sebuah smartphone memiliki layar yang menyambung dari depan ke belakang. Kedua bagian layar terhubung pada sisi kanan smartphone. Untuk lebih rinci, kalian bisa lihat desain di bawah ini:

Paten smartphone Samsung dengan 2 layar (Foto: Letsgodigital via Business Insider)

Para pengguna bisa memiliki dua opsi untuk melihat layar dengan desain seperti itu. Sama seperti mode portrait atau landscape, pengguna cukup mengubah posisi handset untuk menyesuaikan mode "viewing".

Model smartphone kedua adalah konten pada layar bisa berpindah dari bagian depan ke belakang. Desain ini memiliki layar penuh yang dilengkapi sensor untuk menyesuaikan tampilan layar.

Konten pada layar bisa beralih dari layar depan ke belakang, tapi ukurannya akan mengecil tergantung dari cara pengguna memegang smartphone. Gambaran desainnya adalah sebagai berikut:

Paten smartphone Samsung dengan 2 layar (Foto: Letsgodigital via Business Insider)

Model smartphone ketiga memperlihatkan sebuah smartphone dengan layar belengkung di bagian bawah bodi. Namun, layar melengkung tersebut tampak disambungkan hingga ke bagian bodi belakang.

Desainnya mirip dengan model smartphone pertama. Perbedaannya terletak pada letak lengkungan. Berikut gambaran desainnya:

Paten smartphone Samsung dengan 2 layar (Foto: Letsgodigital via Business Insider)

 

1 dari 2 halaman

Samsung Belum Beri Konfirmasi

Samsung Galaxy International Experience Store terbesar se-Asia Tenggara di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Pihak Samsung belum memberikan pernyataan terkait beredarnya paten desain ini. Namun, paten-paten ini dinilai memperlihatkan bagaimana Samsung berpikir tentang smartphone masa depan.

Selain tiga paten ini, Samsung memiliki banyak paten untuk desain dan fungsional smartphone yang belum dirilis di pasar. Namun, memang tidak ada jaminan semua paten tersebut akan hadir sebagai produk komersial, begitu pula paten baru ini.

Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yang kerap dikabarkan menyiapkan smartphone dengan desain baru. Salah satunya smartphone yang bisa dilipat seperti buku.

Namun, perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut kerap enggan berkomentar tentang berbagai produk yang belum diumumkan secara resmi di hadapan publik.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Peluncuran Xiaomi Mi 7 Ditunda Gara-Gara Masalah Pemindai Wajah?
Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy S7 Bakal Cicipi Android Oreo, Ini Tanggal Rilisnya