Sukses

10 Password Paling Gampang Dibobol Hacker Sepanjang 2017

Liputan6.com, Jakarta - Password merupakan salah satu kunci penting di era digital saat ini. Sebab, password merupakan pintu masuk untuk beragam akun, mulai dari media sosial hingga perbankan.

Kendati demikian, tak sedikit pengguna ternyata masih memakai password yang mudah ditebak. Alhasil, kategori kata kunci ini masuk sebagai password terburuk karena dapat dengan mudah menjadi korban serangan hacker.

Dikutip dari The New York Times, Minggu (24/12/2017), SplashData baru-baru ini mengungkap daftar password terburuk sepanjang 2017. Password ini dianggap buruk karena banyak digunakan dan terlalu sederhana.

"Hacker tahu kebiasaan pengguna dan hanya mengutak-atik password yang mudah ditebak tak berarti membuatnya aman. Harapannya, daftar password terburuk ini dapat membantu orang untuk melindungi diri mereka secara online," tutur CEO SplashData, Morgan Slain.

Untuk informasi, analisis kata kunci terburuk ini dibuat berdasarkan lebih dari lima juta password yang bocor di internet. Kebanyakan password ini digunakan oleh pengguna di Amerika Utara dan Eropa Barat.

SplashData sendiri memperkirakan ada sekitar 3 persen orang di dunia yang menggunakan password terburuk, yakni 123456. Sementara ada hampir 10 persen pengguna yang memakai salah satu password dari 25 yang terburuk di tahun ini.

 

2 dari 2 halaman

Daftar Password Terburuk 2017 Versi SplashData

Penasaran apa saja password yang paling buruk dan masih ada yang menggunakannya? Berikut ini daftarnya berdasarkan rangkuman dari SplashData.

1. 123456 

2. password

3. 12345678

4. qwerty

5. 12345

6. 123456789

7. letmein

8. 1234567

9. football

10. iloveyou

Apakah password yang kamu gunakan masuk dalam daftar tersebut? Jika iya, sebaiknya kamu menggantinya sesegera mungkin agar tak mudah menjadi korban serangan hacker.

Apabila kamu masih bingung menentukan seperti apa password yang kuat? Kamu dapat mengecek tips untuk membuat kata kunci yang tak mudah dibobol di tautan ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading