Sukses

Review GameSir G4s: Kontroler Multiplatform yang Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Entah itu platform konsol atau sistem operasi (OS) yang kamu gunakan, bermain gim menggunakan kontroler Bluetooth memang bikin ketagihan.

Tak hanya memberikan kontrol karakter yang cekatan di dalam gim, tetapi juga lebih nyaman, mudah, dan fungsional di beberapa genre gim yang dimainkan ketimbang pakai keyboard atau mouse.

Hadir sebagai pembaruan dari seri G3 dan generasi keempat, GameSir G4s menjanjikan keunggulan bagi penggunanya yang ingin bermain gim di platform Android, Windows, dan PlayStation 3 (PS3).

Beda dari seru sebelumnya, GameSir G4s memiliki desain yang lebih baik dan cukup nyaman saat digenggam. Tata letak tombol di kontroler pun mengalami perubahan, fitur vibrate, dan masih banyak lagi.

Penasaran seperti apa kemampuan kontroler Bluetooth dari perusahaan asal Tiongkok ini? Tanpa panjang lebar, berikut adalah ulasan singkat GameSir G4s yang menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com.

Isi Kotak Penjualan

Layaknya anak kecil yang menerima hadiah, kami pun cukup senang barang yang di import langsung dari Tiongkok ini akhirnya sampai ke redaksi dengan aman--walau memang sedikit memakan waktu.

Tombol-tombol di GameSir G4s

Di dalam kotak, GameSir hanya menyertakan kabel charger USB, buku manual, dan kontroler G4s itu sendiri tentunya.

Kesan pertama, kontroler yang memiliki bentuk mirip stik Xbox ini sangat 'mantap' digenggam berkat pegangan stik yang terbuat dari karet. Sekilas, GameSir G4s tampak kokoh dan berkualitas.

1 dari 5 halaman

Proses Pairing

Tak butuh lama, kami pun langsung menyalakan G4s ini dan mencoba pairing ke smartphone Android yang ada, yakni Moto Z.

Proses pairing pun terbilang cukup mudah dan cepat. Cukup menekan tombol "GameSir Home" yang terletak di bagian tengah bawah antara joystick kiri dan D-pad kanan.

Saat ditekan, lampu tombol Home akan menyala dan berkedip. Ini menandakan G4s sedang mencari perangkat untuk di pairing.

Pastikan fitur Bluetooth di perangkat kamu menyala dan pilih "GameSir G4s" dari daftar koneksi yang muncul. Proses pairing keduanya pun selesai. Mudah bukan?

Tata letak tombol di G4s.

Meskipun koneksi nirkabel Bluetooth adalah pilihan paling populer bagi kebanyakan gamer, GameSir nyatanya tetap menyertakan koneksi via dongle USB yang tersembungi di bawah tombol Home.

GameSir G4s bisa digunakan di PC.

Dengan dongle ini kamu bisa menghubungkan kontroler GameSir G4s ke PC atau pun smart TV. Cukup menarik, bukan?

Tombol dan Fungsi

Tata letak tombol di G4s memang agak sedikit beda dengan G3s, namun bukan berarti tidak ada kesamaan. Semua tombol standar bisa kamu temukan, termasuk joystick kiri dan kanan, D-pad, L1, L2, R1, R2, Y, B, X, A, Clear, Turbo dan L3/R3.

Bila diperhatikan, tata letak tombol di G4s ini serupa dengan tata letak tombol yang biasa digunakan oleh kontroler Xbox, dan beberapa kontroler Bluetooth OEM lainnya.

Tombol-tombol di GameSir G4s

Kamu juga akan melihat lampu LED biru yang mengindikasikan sisa baterai kontroler dan tombol Y, B, X, dan A--yang bisa menyala. Saat digunakan untuk main gim di Android, setiap tombol terasa nyaman dan responsif saat ditekan.

 

2 dari 5 halaman

Bracket

Salah satu hal yang langsung menjadi perhatikan adalah bracket yang bisa dilipat di tengah kontroler. Bracket ini berfungsi untuk menjepit smartphone di tempat saat bermain gim.

Bracket GameSir G4s

Uniknya, bracket ini bisa digunakan dalam dua posisi berbeda, dan beragam jenis ukuran layar smartphone. Kami mencobanya pada Moto Z yang memiliki ukuran layar 5,5 inci.

Saat digunakan, smartphone terjepit dengan baik dan tak mudah untuk lepas dari bracket berkat bantalan karet yang terpasang.

Perusahaan mengklaim, GameSir G4s dapat digunakan pada smartphone yang memiliki layar berukuran 3,5 inci hingga 6 inci. Namun sayang, bracket-nya mudah terguncang, terlebih saat main gim balap.  

Masa Daya Baterai dan Jarak Nirkabel

Berhubung kontroler nirkabel, masa daya baterai dan jangkauan Bluetooth jadi dua poin penting untuk G4s. Saat kami uji, daya bateri kontroler yang terisi penuh bisa menyuplai daya kontroler hingga dua setengah jam.

Tampilan GameSir G4s saat menyala

Akan tetapi, daya baterai yang ada juga dipengaruhi dengan jenis gim yang dimainkan, jarak perangkat dan konsol atau perangkat gim yang digunakan. Penggunaan normal, baterai dapat bertahan hingga 16 jam.

Adapun rentang jarak antara kontroler dengan smartphone, maksimal bisa terhubung hingga 7 meter.

 

3 dari 5 halaman

Pengalaman Pakai

Seperti disebutkan di atas, kamu bisa pairing G4s ini keberbagai platform gim dan judul gim. Namun, kami menemukan beberapa judul gim yang sudah ada di pasaran, tidak semuanya kompatibel saat dimainkan menggunakan G4s.

Karena itu, GameSir pun merekomendasikan agar kamu menginstal aplikasi emulator Happy Chick dan GameSir World terlebih dahulu untuk bisa memainkan sejumlah judul gim yang kompatibel.

Tombol dan D-pad

Meski gim-gim yang kompatible dengan G4s ini terbatas jumlahnya, kami mendapati gim seperti Asphalt Xtreme masih bisa dimainkan. Hanya saja beberapa kali G4s tiba-tiba kurang resposif dan koneksinya terputus.

Kami cukup menikmati bermain gim-gim klasik via emulator, seperti Mario, Sonic, Need for Speed, dan lainnya.

Di PC, beberapa judul gim di Steam, seperti Wolfenstein: The Old Blood dan Rise of the Tomb Raider tidak mendeteksi G4s.

Pengaturan Getar dan Lampu Tombol

Salah satu fitur menarik yang GameSir hadirkan di G4s adalah kemampuan untuk mengatur getaran dan tingkat cahaya lampu LED di tombol. Untuk mengatur tingkat getaran, kamu cukup tekan tombol Turbo dan tombol arah ke atas atau ke bawah.

Sedangkan untuk mengatur tingkat cahaya lampu LED di tombol, kamu bisa tekan tombol L2+R2+R3 bersamaan dan tekan tombol arah ke atas atau ke bawah.

 

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, GameSir G4s cukup menarik untuk digunakan. Material kontroler yang disematkan tak jauh beda dengan material untuk kontroler PS4 dan Xbox One.

GameSir G4s saat digunakan main gim di Android

Untuk sebuah kontroler Bluetooth, G4S adalah kontroler yang fantastis dengan kemampuan dan fungsi yang tidak ada duanya.

Namun, bukan berarti kontroler besutan perusahaan Tiongkok ini tak memiliki kekurangan. Salah satu yang menjadi perhatian kami adalah lampu LED yang terpasang di kontroler.

Kami merasa lampu LED untuk tombol-tombol (A, B, X, dan Y) dan Home tidak terlalu dibutuhkan dan pastinya menguras baterai.

Tak hanya itu, G4s memiliki keterbatasan judul gim di platfom Android atau pun PC yang bisa dimainkan menggunakan kontroler Bluetooth ini.

Pun demikian, GameSir G4s layak dijadikan pilihan bagi kamu yang sedang mencari kontroler Bluetooth untuk bermain gim di Android, PC, atau PS3.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini