Sukses

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Teknologi Global

Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB, berhasil memenangkan Esri Young Scholars Award (EYSA) 2017 untuk proyek yang digagasnya.

Liputan6.com, Bandung - Dirga Imam Gozali Sumantri, mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB, berhasil memenangkan Esri Young Scholars Award (EYSA) 2017 untuk proyek yang digagas yaitu Bandung Reliable Geospatial App (BRaGA).

Dirga adalah pemenang EYSA, sebuah kompetisi mahasiswa termasuk Pascasarjana bertaraf Internasional yang dikelola secara lokal oleh Esri Indonesia.

Kompetisi tersebut merupakan pertemuan bagi para peserta di bidang geospasial, khususnya kreativitas pemanfaatan teknologi Geographic Information System (GIS) untuk memecahkan permasalahan bisnis maupun berbagai permasalahan di masyarakat.

Berkat pencapaiannya itu, Dirga berhasil mengantongi tiket ke acara geospasial terbesar di dunia Esri User Conference (Esri UC) di San Diego, California.

Sebelumnya, proyek yang dikerjakan oleh Dirga berhasil menyaingi karya-karya peserta lain yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Dirga mendapat kesempatan untuk memamerkan hasil karyanya kepada lebih dari 16.000 pakar GIS yang berasal dari 140 negara.

Melalui BRaGA, Dirga berharap dapat menyajikan sebuah platform interaksi antara pemerintah dengan masyarakat karena aplikasi ini memberi kemudahan bagi masyarakat untuk melaporkan suatu kejadian di lingkungan mereka.

“Bandung merupakan kota yang memimpin dalam pengembangan smart city di Indonesia. Seperti kita ketahui, konsep smart city mengakui masyarakat sebagai sumber data penting, yang bersifat kritis untuk meningkatkan layanan publik. Memberi masyarakat sebuah platform untuk melaporkan kejadian yang timbul di masyarakat mendukung mereka untuk membuat perubahan dan membantu pemerintah supaya lebih memahami publik dan melayani mereka secara lebih baik,” jelas Dirga dalam pesan elektronik yang diterima Liputan6.com, Rabu (5/7/2017).

BRaGA sendiri merupakan aplikasi yang secara langsung melibatkan masyarakat (crowdsourcing) di mana masyarakat dapat melaporkan masalah yang mereka temui ke pemerintah setempat.

Aplikasi ini juga didesain untuk mengedukasi penggunanya mengenai fasilitas publik dan tempat-tempat bersejarah di sekitar mereka.

“Saya percaya, setelah masyarakat mengenal tentang peran dari infrastruktur bersejarah di sekitar mereka, mereka akan memiliki apresiasi lebih dan ingin ikut merawatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Sistem Informasi dan Sarana Prasarana Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI, Hernadi Tri Cahyanto, yang juga salah satu panel juri EYSA menjelaskan, aplikasi GIS berbasis web karya Dirga sangat menjanjikan dan memiliki potensi untuk menjawab sebagian tantangan yang dihadapi masyarakat.

“Memilih pemenang untuk tahun ini bukan perkara mudah. Tapi kami yakin kreativitas Dirga dalam mengaplikasikan teknologi geospasial untuk menjawab tantangan-tantangan riil dan juga semangatnya untuk mempromosikan penggunaan fasilitas publik di Bandung membuat dia pantas meraih gelar Esri Young Scholar tahun ini,” katanya.

Dengan EYSA, Hernadi menambahkan, masyarakat bisa melihat betapa para mahasiswa Indonesia dapat menunjukkan kreativitas luar biasa jika dibekali dengan teknologi terkini.

"Saya tak sabar lagi ingin melihat aplikasi inovatif lainnya yang lahir dari kompetisi ini di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

(Huyogo Simbolon/Ysl)

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.