Sukses

Qualcomm Snapdragon G Series: Platform Gaming Handheld untuk Main Game Konsol, PC, dan Cloud Dari Mana Saja

Qualcomm mengumumkan Snapdragon G Series, platform khusus untuk gaming handheld di mana pengguna dapat main game konsol, PC, dan cloud. Simak ulasan lengkap tentang Snapdragon G1, G2, dan G3 di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm membuat kejutan diajang Gamescom 2023, di mana produsen platform ternama ini mengumumkan prosesor khusus untuk platform gaming mobile.

Pengumuman platform ini bukanlah hal baru untuk Qualcomm. Sebelumnya, perusahaan telah berkolaborasi dengan Razer untuk membuat perangkat Razer Edge 5G.

Kala itu, perangkat handheld gaming tersebut ditenagai dengan chipset Snapdragon G3x Gen 1 dengan performa tinggi di kelasnya.

Melanjutkan hal tersebut, Qualcomm meng-update lini platform mobile gaming-nya dengan mengumumkan Snapdragon G1, G2, dan G3.

Dalam sesi terbatas dengan media baru-baru ini, Mithun Chandrasekhar, Senior Director Product Management, Qualcomm, berbagi informasi tentang platform gaming baru ini.

Snapdragon G1: Chipset untuk Streaming dan Cloud Gaming

Mithun mengatakan, "Snapdragon G series dibagi menjadi 3, di mana Snapdragon G1 akan fokus menjadi perangkat untuk streaming dan cloud gaming."

Dengan perangkat ini, streamer tidak membutuhkan CPU dan GPU kelas atas untuk bermain game di mana saja dan kapan saja.

"Jika sebatas streaming dari PC, konsol, atau cloud, Snapdragon G1 akan menjadi pilihan tepat," ucapnya.

Mithun menjelaskan, Snapdragon G1 menawarkan kemampuan teknologi encode decode yang baik, baterai tahan lama, dengan harga terjangkau.

Snapdragon G1 fokus untuk menghadirkan konektivitas bebas hambatan dan daya baterai, agar pemain dapat menggunakan game konsol dan PC favorit mereka dengan kualitas terbaik untuk jangka waktu yang lebih lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Snapdragon G2: Platform Serba Bisa dengan Koneksi 5G

<p>Qualcomm Snapdragon G3. (Doc: Qualcomm)</p>

Tampil sebagai "anak tengah", chipset Snapdragon G2 milik Qualcomm ini disebut-sebut sebagai jack of all trades. Apa maksudnya?

Perusahaan mengatakan, chipset ini akan memiliki berbagai kemampuan di mana gamer bisa memainkan game-game mobile dan cloud premium di manapun tanpa kompromi.

Bagi Anda yang ingin memiliki akses ke ekosistem aplikasi Amazon dan Google Play Store untuk bermain game di jalan, platform Snapdragon G2 dapat menjadi pilihan.

Untuk mendukung koneksi, Qualcomm menyertakan teknologi Snapdragon X62 5G Modem-RF System.

Snapdragon G3: Chipset untuk Gamer Sejati

Terakhir ada Snapdragon G3. Chipset ini digadang-gadang akan mengaburkan batas antara gaming PC, seluler, dan konsol.

"Selain dapat memainkan game Android, Snapdragon G3 ini juga streaming game-game tersedia di pustaka Steam, Xbox, Ubisoft, dan lainnya saat di jalan," ujar Mithun.

Tak hanya itu, Qualcomm menjanjikan perangkat dengan Snapdragon G3 ini juga sudah mendukung teknologi mixer reality.

Walau belum mengungkap secara detail, gamer nantinya dapat menghubungkan perangkat gaming Snapdragon G3 ini dengan XR glases.

"Dengan kemampuan ini, gamer akan mendapatkan pengalaman bermain game lebih imersif dari platform gaming konvensional saat ini," katanya.

Mithun menjabarkan, Snapdragon G3 ini akan menyertakan teknologi Ray Tracing sekelas desktop PC di pasaran saat ini.

3 dari 3 halaman

Qualcomm Sudah Sebar ke Pengembang Perangkat

<p>Qualcomm Snapdragon G Series: Platform Gaming Handheld untuk Main Game Konsol, PC, dan Cloud. (Doc: Qualcomm)</p>

“Perangkat handheld gaming khusus adalah cara terbaik untuk menikmati mobile game. Namun para gamers ingin dapat bermain game favorit mereka di seluruh perangkat dan ekosistem, baik dengan konsol, PC, atau melalui layanan cloud,” ujar Mithun.

Disebutkan, pengembang perangkat seperti AyaNeo, Huaqin, Inventec, Thundercomm serta perusahaan lain berkolaborasi dengan Qualcomm untuk memperkenalkan perangkat-perangkat handheld gaming bertenaga Snapdragon G Series Platform.

Masih belum diketahui secara pasti kapan perangkat handheld gaming ini akan diluncurkan secara global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini