Sukses

Jenuh dengan Kerjaan? Coba 5 Aplikasi Pengusir Stres Ini

Berikut daftar 5 aplikasi pengusir stres yang bisa kamu gunakan langsung dari smartphone. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kamu merasa kesibukan menghantui aktivitas harian dan membuat stres? Well, sudah saatnya kamu mencoba untuk isi celah kesibukan dengan hal-hal refreshing yang dapat menghilangkan penat.

Kali ini, tim Tekno Liputan6.com mengajak kamu menjadi seorang zen person (orang yang mencintai ketenangan) dengan mengurangi stres yang sudah menumpuk, entah itu berasal dari pekerjaan, kehidupan asmara, keluarga ataupun hal-hal mengganggu lainnya.

Cara untuk memberantas stres pun tidak akan dilakukan dengan cara yang biasa, karena kali ini kamu harus memanfaatkan smartphone sebagai wadah untuk menyegarkan kembali aura negatif yang sudah lama terpendam di jiwa.

Mengutip laman Mirror, Minggu (15/5/2017) ada 5 (lima) aplikasi yang berfungsi menghilangkan rasa stres yang kamu alami di kehidupan sehari-hari. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. 7 Second Meditation

Second Meditation tersedia untuk iPhone secara gratis. Aplikasi ini hanya akan memakan tujuh detik dari 24 jam yang kamu miliki di setiap harinya. Aplikasi tersebut digarap oleh Kim Townsend, seorang ilmuwan yang bekerja di University College London.

Cara kerja aplikasi sangat mudah, dengan satu sentuhan, kamu akan di-remind untuk menarik napas lebih dalam dan merenungkan 3 hal yang dapat kamu syukuri di hari itu selama tujuh detik.

Dengan cara kerja sederhana yang diusung aplikasi ini, kamu dapat melakukan renungan tujuh detik setiap hari dan dijamin akan menjadi orang yang lebih rileks dan penuh dengan pikiran positif, serta menjadi pribadi yang selalu bersyukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Relax & Rest

2. Relax & Rest

Aplikasi ini tersedia cuma-cuma di perangkat iOS dan juga Android. Relax & Rest sangat cocok bagi kamu yang panikan dan gampang cemas.

Lewat aplikasi ini, kamu dapat melatih menguras emosi negatif yang dirasakan dengan latihan pernafasan. Kamu juga dapat mengatur berapa lama kamu mampu melatih pernafasan tersebut.

Bahkan, ketika melatih pernapasan, kamu dapat menyetel lagu latar yang menjadi teman latihan.

3 dari 5 halaman

Digipill

3. Digipill

Aplikasi ini merupakan 'pil' yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi rasa stres dan insomnia. Bahkan, lewat aplikasi ini kamu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Aplikasi ini akan membantu kamu melakukan meditasi penuh dan dilengkapi dengan lagu penenang yang mampu menstimulasi pikiran positif.

Kamu bisa mengatur berapa lama waktu meditasi sesuai selera. Digipill tersedia untuk perangkat iOS dan juga Android secara gratis.

4 dari 5 halaman

Buddhify

4. Buddhify

Aplikasi ini termasuk ke kategori meditasi urban yang akan mengajak pengguna untuk melihat sebuah roda berwarna. Nantinya, ia akan memberikan instruksi ke pikiran agar dapat memotivasi aura positif yang tersembunyi di balik stres.

Kamu bisa memilih sesi 5 menit tergantung dari kegiatan yang diinginkan, entah itu pada saat break dari pekerjaan, ketika sedang makan ataupun ketika Anda merasa kurang enak badan.

Menurut ahli kesehatan jiwa Dr Bishaka Chowdhurry, aplikasi ini sangat berguna bagi orang yang tertekan oleh masalah di pekerjaannya.

"Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa mengatur waktu 5-15 menit untuk bermeditasi dan berpikir bahwa ia memiliki aura positif seperti warna yang ditawarkan dari roda yang hadir di Buddhify," ungkapnya.

Aplikasi ini tersedia di App Store dan Google Play Store dengan harga £3.99 atau sekitar Rp 81 ribuan.

5 dari 5 halaman

Headspace

5. Headspace

Aplikasi pembunuh stres ini merupakan aplikasi favorit yang kerap kali digunakan oleh pengguna perangkat iOS dan Android. Headspace memiliki fitur yang akan memberikan instruksi meditasi yang dinarasikan oleh penemunya sendiri, Andy Puddicombe.

Headspace menghadirkan fitur meditasi 10 menit, dimana pengguna dapat menikmati sajian animasi yang lucu dan dapat memanjakan mata.

Dengan kekuatan visualisasi dan suara motivasi dari sang narator, 10 menit kamu akan kembali me-recharge kepenatan yang telah dirasakan dan mampu menjadikan dirimu sebagai pribadi yang lebih baik, serta terlepas dari energi negatif.

Aplikasi ini tersedia di App Store dan Google Play Store secara gratis. 

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini