Sukses

Smartwatch Ini Bisa Berputar di Pergelangan Tangan

Tim riset dari Dartmouth College mengembangkan sebuah smartwatch yang dapat bergerak di pergelangan tangan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Tim riset dari Dartmouth College, Colorado, Amerika Serikat mengembangkan sebuah smartwatch yang dapat bergerak di pergelangan tangan si penggunanya.

Perangkat bernama Cito ini memiliki kemampuan untuk bisa bergerak mulai dari berputar, mengitar, hingga berdiri. Adapun, Cito juga dikembangkan bersama tim dari University of Waterloo. 

"Pengguna menginginkan sebuah smartwatch yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan mereka," ujar Xing-Dong Yang, Asisten Profesor Ilmu Pengetahuan Komputer di Dartmouth sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Kamis (11/5/2017).

Dong Yang berujar bahwa Cito menawarkan sebuah inovasi yang berbeda karena memberikan nilai jual bagi pengguna untuk membeli sebuah smartwatch. Saat bergerak, Cito memberikan informasi terkini kepada si pemakainya. 

"Konsumen bertanya-tanya buat apa mereka membeli smartwatch jika perangkatnya tidak nyaman saat dipakai. Cito membuktikan bahwa smartwatch itu bisa menjadi perangkat fungsional yang menyenangkan," papar Dong Yang.

Saat ini tim riset masih melakukan pengembangan terhadap perangkat ini. Mereka juga melakukan eksplorasi terkait fungsi yang dapat disematkan pada Cito, misalnya fungsi untuk pengguna yang memiliki keterbatasan fisik.

Untuk melihat bagaimana rupa smartwatch Cito, Anda dapat langsung menyaksikan video di tautan ini.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.