Sukses

Analisis Media Sosial Lengkap Mengenai Vonis Ahok

Analisis lengkap tentang pembicaraan vonis Ahok. Mulai dari jumlah tweet, kurva dan peta pembicaraan, top dan influencing tweets, dll.

Liputan6.com, Jakarta - Vonis Ahok hari ini menyedot perhatian banyak pihak. Sebagian besar dari mereka menyuarakan tanggapannya di media sosial terutama Twitter. 

Berbagai tagar dan topik terkait Vonis Ahok, mendominasi daftar trending topic di Twitter. Kami mencoba melakukan analisis dengan kata kunci 'Ahok'.

Pengambilan data dimulai dari Senin (8/5/2017) 11.34 WIB hingga Selasa (9/5/2017) 11.34 WIB. Bagaimana hasil analisis Tekno Liputan6.com menggunakan social media analytic tool Trendsmap, simak paparan lengkapnya berikut ini.

RINGKASAN 

Topik Ahok 1

Jumlah tweets dengan kata kunci 'Ahok' berjumlah 96.200 tweets. Dari semua tweets tersebut, 43.600 (45 persen) di antaranya mengantongi retweets dan 4.400 (5 persen) mendapat replies. Berdasarkan gender, 47 persen netizen merupakan perempuan dan 53 persen sisanya laki-laki.

KURVA PEMBICARAAN 

Topik Ahok 2

Kurva pembicaraan Ahok terlihat menanjak mulai pagi hari ini 2017 dengan jumlah tweets maksimal mencapai 800 tweets per menit. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PETA PEMBICARAAN

PETA PEMBICARAAN

Top Tweets 

Topik Ahok 3

Peta di atas menunjukkan Top Tweets tentang Ahok terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Akun Twitter sejumlah media asing turut menyumbang banyak di percakapan ini. 

Influencing Tweets

Topik Ahok 4

Peta di atas menampilkan Influencing Tweets tentang Ahok terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Sama seperti di peta sebelumnya, akun Twitter sejumlah media asing turut menyumbang banyak di percakapan ini.

Influencing Tweet di Indonesia

Topik Ahok 6

Peta di atas menunjukkan Influencing Tweets tentang Ahok di wilayah Indonesia. Terlihat, dominasi Influencing Tweets itu kebanyakan terdapat di pulau Jawa.

Influencing Tweet di Jawa

Topik Ahok 7

Di pulau Jawa, Influencing Tweet tentang Ahok berpusat di DKI Jakarta.

Influencing Tweet di DKI Jakarta

Topik Ahok 8

Di pulau Jawa, Influencing Tweet tentang Ahok berasal dari media-media nasional.

3 dari 4 halaman

DAERAH DI MANA TOPIK AHOK MENJADI PEMBICARAAN

DAERAH DI MANA TOPIK AHOK MENJADI PEMBICARAAN

Topik Ahok 9

TAGAR DAN TOPIK TERKAIT

Topik Ahok 10

Selain Jakarta, kota-kota lain di mana topik Ahok menjadi pembicaraan adalah Bandung, Makassar, Bogor, Surabaya, Tangerang, Bekasi, Depok, Yogyakarta, dan Medan.

4 dari 4 halaman

MOST RETWEETED, MOST QUOTED, MOST REPLIED, DAN MOST INFLUENCING TWEETS

MOST RETWEETED, MOST QUOTED, MOST REPLIED, DAN MOST INFLUENCING TWEETS

Topik Ahok 12

Mengacu pada gambar di atas, selain akun media massa nasional, tweets dari akun-akun pribadi juga banyak di-retweet, di-quote, dan di-reply. 

Most Retweeted

😭😭😭😭..... inilah sejarah tersuram negeri ini.. Gue Bersedia menggantikan Ahok masuk penjara
@kurawa 585 retweets 417 favourites

Jangan terkecoh pembubaran HTI. Fokus vonis Ahok.
@eae18 532 retweets 350 favourites

إن شاء الله SELASA 9 MEI 2017 AHOK AKAN DIPENJARA KARENA MENISTA AGAMA BALON DAN KARANGAN BUNGA TIDAK AKAN BERGUNA • https://t.co/WOfJ86ruZG
@RizieqSyihabFPI 477 retweets 436 favourites

Ahok is guilty and will be jailed for two years. can't even say anything rn. What have we become? How come we're so fucked up?
@aMrazing 456 retweets 52 favourites

Most Quoted Tweets

Menolak/ menentang FPI dan HTI gak lantas anti Islam, tp anti kelompok Islam tertentu yg radikal. Islam Yes! FPI No! Islam Yes! HTI No!
@sahaL_AS 1,098 retweets 1,179 favourites

Pembubaran HTI Atas Perintah Presiden Jokowi #HTIDibubarkan https://t.co/yZCjYej8O5
@jpnncom 22 retweets 7 favourites

Hari ini Balaikota dihiasi ribuan balon merah putih. Silakan dimanfaatkan untuk selfie. Mohon jangan diletuskan karena bukan balon hijau. https://t.co/HvIqUFtaCe
@basuki_btp 5,969 retweets 7,608 favourites

Membubarkan HTI = membubarkan perongrong NKRI. Bukan anti Islam. Buktinya, NU, Muhammadiyah, MUI dukung pembubaran HTI. https://t.co/xFGK9bJ9oF
@sahaL_AS 285 retweets 190 favourites

Most Replied Tweets

Hari ini Balaikota dihiasi ribuan balon merah putih. Silakan dimanfaatkan untuk selfie. Mohon jangan diletuskan karena bukan balon hijau. https://t.co/HvIqUFtaCe
@basuki_btp 5,969 retweets 7,608 favourites

MASA GARA2 FPI KALAHKAN TELAK AHOK DI PILKADA TERUS FPI MAU DI BUBARKAN? #ADP
@AHMADDHANIPRAST 190 retweets 484 favourites

@ariefrahman13 Ngatur mulut org nih skrg? Apa nggak mending Kitanya aja kali yg musti pinter nyortir apa yg penting & nggak?
@pandji 15 retweets 5 favourites

😭😭😭😭..... inilah sejarah tersuram negeri ini.. Gue Bersedia menggantikan Ahok masuk penjara
@kurawa  585 retweets 417 favourites

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini