Sukses

Bapak Gim Legendaris Pac-Man Meninggal Dunia

Masaya Nakamura, sosok di balik suksesnya gim Pac-Man meninggal dunia di usia 91 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Masaya Nakamura yang dikenal sebagai pendiri Namco, perusahaan pengembang video game legendaris Pac-Man meninggal dunia di usia 91 tahun pada 22 Januari  2017. Nakamura menyandang gelar "Bapak Pac-Man" karena ia merupakan sosok di balik kesuksesan Pac-Man sebagai gim legendaris yang mendunia.

Nakamura mendirikan Namco sebagai bagian dari game publisher Bandai Namco pada 1955. Awalnya, ia memulai Namco dengan menghadirkan dua kuda tunggang mekanik di sebuah pusat perbelanjaan. Namco kemudian mulai menjadi pionir game arcade dan taman hiburan.

Pac-Man yang dirancang oleh engineer dan pembuat video game Namco Toru Iwatani mulai dijual pada 1980. Saat itu pesaing Pac-Man adalah Space Invaders.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (31/1/2017), Pac-Man tercatat telah dimainkan sebanyak lebih dari 10 miliar kali. Bahkan, gim ini tercatat di Guiness World Record sebagai permainan arcade paling sukses yang dioperasikan dengan koin.

Tanpa ada unsur perkelahian, Pac-Man cukup menantang, sebab pemain harus rela berlama-lama menyusuri labirin untuk menghindari kejaran hantu. Tak cuma gim, merchandise Pac-Man seperti kaos, acara animasi, hingga sereal untuk sarapan pun digemari. Bahkan, petinju asal Filipina Manny Pacquiao pun memiliki julukan Pac-Man.

Ide desain Pac-Man mulanya terinsipirasi dari gambar sebuah sepotong pizza. Nakamura kabarnya memilih kata Pac atau Pakku dalam Bahasa Jepang untuk mewakili suara Pac-Man saat sedang mengunyah.

"Pac-Man adalah permainan yang ramah dengan banyak karakter imut. Inilah yang membuat Pac-Man dicintai selama ini," kata Iwatani di New York pada 2015 lalu.

Gim ini awalnya dimainkan di konsol rumahan Nintendo Family Computer. Kemudian Pac-Man diadaptasi untuk ponsel, PlayStation dan format Xbox. Selain Pac-Man, gim Namco yang juga hits adalah Ridge Racer, sebuah gim simulasi mengemudi.

Perusahaan melaporkan kematian Nakamura tetapi tidak akan mengomentari penyebab kematian, seperti yang diinginkan keluarganya. Bandai Namco pun bermaksud ingin melakukan peringatan kematian Nakamura secara terpisah.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini