Sukses

5 Gadget Keren yang Siap Meluncur Tahun Depan

Berikut ini adalah lima perangkat keren yang akan rilis pada 2017

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa kurang dari dua bulan lagi, tahun 2016 akan segera berakhir. Banyak hal telah terjadi di tahun ini, tak terkecuali di bidang teknologi. Beragam inovasi terbaru telah diperkenalkan sepanjang tahun ini.

Mengingat teknologi terus berkembang, tahun depan dapat dipastikan deretan produk teranyar juga sudah menanti. Bahkan, beberapa di antaranya sudah banyak dirumorkan tahun ini.

Lantas, produk teknologi apa saja yang paling dinanti akan meluncur tahun depan? Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com akan membuatkan daftarnya untuk kamu.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (22/11/2016), berikut ini adalah lima gadget keren yang rilis tahun depan. Namun perlu diingat ada kemungkinan beberapa perangkat dalam daftar ini akan mengalami perubahan waktu peluncuran, mengingat tengah dalam tahap pengembangan. 

1. Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Foto: Liputan6.com/Iskandar

Smartphone ini digadang-gadang akan menjadi jawaban Samsung atas kegagalan Galaxy Note 7 yang diluncurkan tahun ini. Karenanya, perusahaan asal Korea Selatan itu akan melakukan perubahan yang cukup signifikan pada penerus Galaxy S7 tersebut.

Salah satunya adalah kehadiran asisten virtual baru yang didesain khusus untuk seri terbaru smartphone ini. Rencananya, Samsung akan mengintegrasikan asisten digital besutan startup yang baru dibelinya, Viv Labs, pada Galaxy S8.

Rumor lain yang berkembang menyebutkan, Galaxy S8 tak akan dibekali dengan tombol fisik Home. Kabar ini mencuat setelah tak ada satu pun pemasok komponen menerima pesanan tombol fisik dari Samsung.

iPhone 8

2. iPhone 8

Apple iPhone 7 Plus (dpreview.com)

Smartphone lain yang juga sedang dinanti oleh banyak orang dan akan dirilis pada tahun depan adalah iPhone 8. Alasannya, tahun depan merupakan ulang tahun iPhone ke-10. Karenanya, banyak pihak percaya iPhone terbaru akan hadir dengan perubahan yang cukup signifikan.

Salah satu rumor yang sudah berkembang adalah penggunaan layar OLED pada iPhone 8. Perusahaan asal Cupertino itu dikabarkan telah memesan layar OLED pada sejumlah pemasok, seperti LG dan Samsung.

Tak hanya itu, analis Ming-Chi Kuo juga memprediksi iPhone yang rilis tahun depan akan memiliki ukuran layar yang tak biasa. Menurutnya, layar iPhone tersebut akan memiliki luas 5,8 inci, dengan hanya 5,1 sampai 5,2 inci yang dapat berfungsi aktif.

3. Laptop Google dengan Android versi khusus

Tahun ini, Google dikabarkan tengah berencana untuk menanamkan sistem operasinya ke lebih banyak perangkat. Rencana itu berlaku untuk Chrome OS dan juga Android.

Karenanya, perusahaan tersebut tengah mengembangkan sistem operasi baru yang diberi nama Andromeda OS. Sistem operasi itu rencananya akan digunakan pada laptop yang juga dibesut langsung oleh Google.

Menurut laporan terbaru, laptop itu akan diluncurkan menjelang akhir tahun depan dan disebut-sebut merupakan penerus Chromebook. Laptop tersebut juga memiliki fungsi 2-in-1, yakni dapat digunakan sebagai laptop dan tablet.

VR Headset

4. Headset VR baru yang kompatibel dengan Windows 10

2016, Tahunnya headset VR? (Foto: Firstpost.com)

Pembaruan dari Windows 10 yang rilis tahun depan akan sarat dengan beragam fitur baru. Salah satunya adalah kemampuan menggunakan Virtual Reality (VR) headset langsung dengan komputer yang menjalankan Windows 10.

Karenanya, sejumlah perusahaan disebut telah mulai mengembangkan headset tersebut dengan harga yang lebih terjangkau sekitar US$ 299. Dell, Asus, dan Lenovo merupakan beberapa perusahaan yang dikabarkan telah mulai mengembangkan perangkat tersebut.

5. Nintendo Switch

Switch Joy-Con, Kontroler Unik dan Banyak Pilihan Fungsi. (Foto: Nintendo)

Untuk gamer, 2017 juga menjadi tahun yang paling dinantikan, terutama para fans Nintendo. Sebab, perusahaan asal Jepang itu berencana meluncurkan konsol terbarunya, Switch, pada Maret 2017.

Konsol ini begitu dinanti karena memiliki konsep yang berbeda dari seri sebelumnya. Nintendo menawarkan pengalaman konsep bermain gim secara portabel dan rumahan dalam satu perangkat.

Meskipun sudah ada informasi mengenai kepastian peluncuran termasuk tampilan fisik Switch, Nintendo masih menyimpan erat-erat informasi detail lainnya. Pun demikian, perusahaan itu telah mengonfirmasi konsol ini nantinya dapat dimainkan menggunakan kartrid dan dukungan Nvidia sebagai rekanannya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.