Sukses

5 Konsol Tiruan yang Patut Kamu Ketahui

Semenjak Dreamcast "mati" dan SEGA tak lagi garap konsol baru, Nintendo, Sony, dan Microsoft adalah pilihan konsol untuk main gim di TV.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang sudah kamu ketahui, persaingan konsol gim (game) di dunia saat ini masih dipegang oleh tiga perusahaan besar selama lebih dari satu dekade.

Semenjak Dreamcast "mati" dan SEGA tak lagi serius garap konsol baru, Nintendo, Sony, dan Microsoft adalah pilihan merek bilamana kamu ingin bermain gim di TV.

Namun, kalau kamu ingin bermain konsol selain milik Nintendo, Sony, dan Microsoft, beberapa konsol buatan perusahaan asal Tiongkok dan lainnya pun dapat menjadi pilihan.

1. Super Megason IV

Super Megason IV (Geek)
Walau terbilang lawas, PlayStation (PS1) merupakan konsol paling banyak ditiru oleh banyak perusahaan tak jelas.

Salah satu konsol tiruan yang paling mirip dengan PS1 adalah Super Megason IV. Konsol ini sempat dijual di beberapa negara di Eropa dan Afrika pada tahun 1990-an.

Dari tampilan luar, konsol ini terlihat cukup mirip dengan PS1. Lucunya, konsol ini hanya mengusung grafis 8-bit dengan kontroler yang mirip sekali dengan kontroler khas milik Sony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpaduan N64 dan NES

2. Power Player Super Joy III

Power Player Super Joy III (Famicom World)
Ingin mendompleng kesuksesan konsol aslinya, pembuat konsol tiruan pun berusaha keras untuk merancang konsol buatan miliknya semirip mungkin dengan konsol aslinya.

Salah satu contoh paling menarik adalah konsol bernama Power Player Super Joy III.

Memiliki fungsi yang sama dengan Nintendo Entertainment System (NES), konsol ini hadir dengan kontroler yang mirip dengan kontroler N64 (Nintendo 64).

Walau menjanjikan 76.000 gim, ternyata konsol ini hanya menghadirkan 76 gim NES yang diulang sebanyak 1.000 kali di halaman menu pemilihan gim. Luar biasanya, beberapa gim hanya diubah namanya, seperti Karateka menjadi Tekken.

3. PCP Station Game Advance

PCP Station Game Advance (Reddit)
Tak hanya konsol lawas saja yang ramai ditiru, perangkat handheld baru seperti milik Sony PlayStation Portable (PSP) pun banyak beredar seri tiruannya.

Salah satu seri tersebut adalah PCP Station. Meniru desain khas milik PSP, kamu dapat memainkan lima gim seperti Super Mary, Street Overlord, dan Chanticleer Hegemony.

3 dari 3 halaman

Wii pun ikutan ditiru

4. JungleTac Vii

JungleTac Vii (PCMag)
Kesuksesan Wii di pasaran ternyata bukan milik Nintendo semata. Beberapa perusahaan tak jelas pun mendulang sukses dengan mendompleng kesuksesan konsol milik Nintendo ini.

Mengingat konsol Wii tidak membutuhkan spesifikasi hardware khusus dan tinggi, beberapa perusahaan asal Tiongkok bernama JungleTac pun memperkenalkan konsol mereka yang bernama Vii.

Dirilis ke pasar konsol di 2007, Vii mengusung prosesor 16-bit lengkap dengan sebuah Power Rod--mirip dengan kontroler Wii--untuk memainkan beberapa gim seperti Alacrity Golf dan Fry Egg.

5. Mini Polystation 3

Mini Polystation 3 (Technabob)
Sebagai pemain utama dalam bisnis konsol dunia, Sony memang mencurahkan hati, darah, dan keringat tim pengembang dan ahli mereka untuk menghasilkan konsol terbaik mereka.

Berbanding terbalik dengan konsol buatan Tiongkok yang bernama Mini Polystation 3. Seperti konsol bajakan lainnya, Polystation merupakan konsol paling konyol dan lucu yang pernah ada di pasaran.

Tampil dengan bentuk mirip dengan PlayStation 3, konsol ini hadir sebagai platform portable gaming ketimbang mengusung platform konsol gaming.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini