Sukses

Tips Supaya BBM di Android Tak Lagi Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna aplikasi BBM for Android? Jika iya, kamu pasti menyadari aplikasi BBM for Android cukup banyak memakan RAM.

Hal ini membuat kinerja smartphone Android kamu menjadi lemot alias lamban. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, apakah perlu mencopot (uninstall) aplikasinya?

Untungnya, hal tersebut tak perlu dilakukan. Ada cara lebih mudah yang bisa dilakukan supaya BBM for Android kamu bisa berjalan lebih lancar. 

1. Bersihkan Data dan Cache di Aplikasi BBM for Android

Cara ini sebenarnya tak hanya berfungsi untuk aplikasi BBM for Android, tetapi juga berbagai aplikasi lainnya. Apalagi jika smartphone Android yang kamu gunakan memiliki kapasitas RAM terbatas.

Bagaimana caranya? Untuk menghapus data dan cache di aplikasi, cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Setting, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager, dan pilih BBM.

Selanjutnya, kamu akan masuk ke info aplikasi BBM. Pada bagian storage, pilihlah clear data atau clear cache untuk menghapus data-data yang tak terpakai.


Cara membuat aplikasi BBM for Android tak lemot.
Kalau kamu memilih clear data, konsekuensinya adalah kamu otomatis sign out dari aplikasi BBM. Untuk bisa kembali menggunakannya, kamu hanya perlu sign in akun BlackBerry ID (BBID). Oleh karena itu, kamu harus mengingat dengan baik apa alamat email yang digunakan saat pertama kali sign in.

Selain otomatis sign out, begitu berhasil masuk ke BBID, kamu juga kehilangan chat history dan recent update. Itu tak masalah, sebab kontak BlackBerry Messenger kamu bakal tetap ada.

Untuk membuktikannya, kamu bisa membandingkan ruang data atau cache pada saat sebelum melakukan clear data dan setelah melakukan clear data.

Misalnya saat Tekno Liputan6.com belum memilih clear data, tercatat total data sebesar 92,41MB. Setelah dilakukan pembersihan, menjadi 66,32MB. Pada cache, sebelum dilakukan pembersihan 3,59MB, sedangkan setelah clear cache menjadi 512KB.

Sebelum dan setelah clear cache.

2 dari 2 halaman

Pakai Tema Asli BBM

2. Gunakan Tema Asli Bawaan BBM

Pengguna BBM terkadang senang melakukan kustomisasi supaya tampilan profilnya lebih menarik, misalnya dengan mengubah tema BBM. Padahal hal ini membuat smartphone jadi lemot. Oleh karenanya, kamu harus mengembalikan tema asli BBM kamu.

Jika kamu mengganti akun tema dengan file APK, kamu hanya perlu mencopot aplikasi BBM kamu. Selanjutnya unduh ulang aplikasi BBM for Android dari Google Play Store, lalu sign in kembali BBID.

Tetapi, perlu dicatat bahwa kamu harus mengingat alamat email dan password yang kamu pakai untuk BBID kamu.

3. Hapus Grup atau Kontak Tidak Penting

BBM kamu lemot? Mungkin salah satunya karena di BBM kamu kebanyakan kontak atau grup. Kebanyakan aplikasi pesan instan memang jadi lebih lambat lantaran kebanyakan group.

Misalnya saja, grup BlackBerry sering digunakan untuk berjualan dan membagi-bagikan gambar. Jika kamu memang tak ingin berada di grup tersebut, lebih baik leave group. Smartphone kamu akan bisa berfungsi lebih cepat.

4. Ubah Pengaturan BBM for Android Seperlunya
BlackBerry Mesenger memungkinkan pengguna saling memberi informasi sedang mendengarkan lagu apa di status BBM. Rupanya hal ini juga turut berkontribusi membuat aplikasi BBM for Android jadi lebih lemot.

Untuk itu, ubahlah pengaturan BBM for Android menjadi seperlunya saja. Misalnya, kamu tak perlu menunjukkan negara serta waktu, lagu yang kamu dengarkan, mengetahui lagu apa yang didengarkan pengguna lain, dan lain-lain.

Pilih pengaturan di BBM for Android yang seseuai dengan kebutuhan
Caranya, masuk ke aplikasi BBM for Android, kemudian pilih tanda tiga strip yang ada di sisi kiri BBM dan pilih Setting. Lalu kamu bisa menyetel apa saja pengaturan yang kamu inginkan.

(Tin/Why)

Soulvibe 'Adu Gombal' di KLY Lounge

Tutup Video