Sukses

Asyik, Kini Google Translate Bisa Dipakai dari WhatsApp dan Path

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja meluncurkan pembaruan terbaru (5.0) pada aplikasi Google Translate. Sejumlah pembaruan ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengalaman pengguna kala menerjemahkan bahasa asing langsung dari aplikasi Google Translate.

Tekno Liputan6.com menyambangi kantor pusat Google Indonesia, pada Kamis (12/5/2016), untuk mengintip seperti apa pembaruan yang diberikan.

Putri Silalahi, Communications Head Google Indonesia (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Bersama Putri Silalahi, Products Communications Lead Google Indonesia, kami mengadakan sesi conference video call dengan tim engineer Google Translate dari Mountain View, California.

Saat sesi berlangsung yang dipandu oleh Julie Cattiau, Product Manager Google Translate, terdapat sejumlah fitur anyar yang dapat dinikmati terlebih dahulu oleh para pengguna Google Translate di perangkat Android.

Salah satunya adalah Tap-To-Translate, yang mana memudahkan pengguna agar bisa menerjemahkan teks dari aplikasi lain seperti WhatsApp atau Path.

"Kami mengembangkan fitur terbaru di versi 5.0 karena melihat perilaku pengguna Google Translate, khususnya di Indonesia yang suka copy-paste teks ke dan dari Google Translate," Putri menerangkan.

Contohnya, saat pengguna sering menggunakan aplikasi pesan instan dan tiba-tiba menerima pesan dalam bahasa asing. Saat itu, pasti mereka mau tak mau harus menyalin teks, keluar dari aplikasi, membuka Google Translate, menerjemahkan isi pesan, baru kembali masuk ke aplikasi pesan instan lagi. Ini tentu memakan waktu dan effort lebih.



Sementara, Julie menjelaskan, dengan Tap-To-Translate, pengguna hanya perlu meng-copy teks, entah itu isi pesan, lirik lagu, dan lain sebagainya. Di saat bersamaan, ikon Google Translate akan muncul dan pengguna langsung bisa menggunakannya.

Selain Tap-To-Translate, pembaruan lain yang hadir di Google Translate adalah hadirnya fitur terjemahan instan lewat kamera (WordLens) yang mampu menerjemahkan bahasa Mandarin. Menariknya, fitur ini bisa dinikmati secara offline.



Tap-To-Translate
tersedia dalam 103 bahasa dan bisa digunakan secara offline. Sementara khusus bagi pengguna Google Translate di perangkat iOS, Anda bisa menerjemahkan 51 bahasa secara offline dengan ukuran paket bahasa unduhan yang lebih kecil.

(Jek/Isk)