Sukses

Perkuat Hasil Pencarian di Smartphone, Google Gandeng Facebook

Lewat kemampuan ini, nantinya pengguna smartphone dapat langsung mendapat hasil pencarian yang diarahkan ke aplikasi Facebook di Android

Liputan6.com, Jakarta - Google dikabarkan tengah menjalin kerja sama dengan Facebook. Kesepakatan ini diketahui dari pengumuman yang dirilis induk perusahaan Google, Alphabet.

Dalam pengumumannya, Alphabet menyebutkan bahwa Google dan Facebook sedang bekerja sama untuk memperkuat mesin pencari Google di perangkat mobile.

Mengutip informasi dari laman Wall Street Journal, Jumat (20/11/2015), lewat kerjasama ini nantinya hasil pencarian Google di smartphone akan langsung menampilkan beberapa konten dari aplikasi Facebook.

Konten yang dapat ditampilkan di antaranya adalah informasi profil, laman, dan event. Hasil pencarian tersebut akan muncul sebagai 'deep links' yang dapat langsung mengarahkan pengguna masuk ke aplikasi Facebook.

Baca Juga


Kendati demikian, Google tetap tidak dapat menampilkan konten Facebook yang membutuhkan akses masuk ke akun Facebook. Dengan demikian, bagi pengguna yang ingin mengakses informasi tersebut harus menggunakan layanan pencarian Facebook.

Beberapa pihak menilai, melalui kerjasama ini Google sedang berupaya untuk mempertahankan posisinya sebagai mesin pencari terbesar. Terlebih saat ini pengguna smartphone yang sebagian besar mengakses internet melalui perangkat smartphone-nya.

Di sisi lain, kerjasama ini juga memiliki keuntungan bagi Facebook. Dengan mengarahkan langsung hasil pencarian terkait Facebook ke aplikasi resmi, maka pengakses aplikasi Facebook dipastikan akan semakin bertambah. Namun, untuk sementara kemampuan ini baru tersedia secara eksklusif untuk perangkat Android. 

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Facebook

Video Terkini