Sukses

Cara Mudah Hapus Jejak Pencarian di Google

Begini cara mudah untuk menghapus history pencarian yang dilakukan lewat fitur voice-control di Google.

Liputan6.com, California - Tahukah Anda bahwa Google dapat menyimpan semua jenis pencarian yang Anda ketik di search bar? Ya, mesin pencarian tersebut nyatanya mampu menyimpan track pencarian yang Anda ketik maupun yang Anda cari lewat fitur voice-control "OK Google".

Menurut informasi yang dilansir Time dari The Guardian, Senin (26/10/2015), ketika Anda mencari sesuatu di Google dengan menggunakan fitur voice-control (biasanya dengan mengatakan `OK Google` atau tap ikon microphone), semua yang Anda ucapkan secara langsung akan direkam Google, dan pada saat itu pencarian Anda akan diketik ulang kembali oleh Google untuk melakukan word recognition dari suara yang Anda ucapkan.

Untungnya, Anda bisa menghapus history track pencarian Anda di mesin pencarian tersebut. Bagaimana caranya?

Pertama, kunjungi laman history pencarian Anda di Google.

 Pertama, kunjungi laman history pencarian Anda di Google (Google.com)

Lalu, pilih tab Voice & Audio Activity, Anda bisa menemukan history pencarian yang Anda ucapkan ketika menggunakan fitur voice-control dan bisa langsung menghapusnya. Anda bahkan juga bisa mengatur Google agar tidak bisa merekam suara Anda lagi dengan menggunakan voice-control.

Pilih tab Voice & Audio Activity, Anda bisa menemukan history pencarian yang Anda ucapkan ketika menggunakan fitur voice-control (Google.com)


Hal serupa bahkan terjadi di virtual assistant perangkat Apple -- Siri, dan Microsoft -- Cortana yang juga merekam ucapan para penggunanya. Sayangnya, saat ini tidak ditemukan cara untuk menghapus pencarian yang terekam di kedua asisten pintar perangkat tersebut.

Fitur voice-control `OK Google` juga termasuk ke dalam kampanye khusus Google Search yang menitikberatkan ke masing-masing fitur unik, yang bisa digunakan di smartphone dan juga PC. Fitur tersebut berupa Answer, Converse, dan Anticipate.

Fitur ini memang dirancang Google khusus bagi para netizen `search engine addict` yang kerap kali menggunakan mesin pencarian Google untuk menanyakan hal apapun, kapanpun, di manapun. Sehingga nantinya akan mengubah perilaku pengguna mesin pencari untuk lebih berani bertanya.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini