Sukses

HTC One A9 Resmi Diperkenalkan, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Taiwan - Seri smartphone teranyar HTC -- HTC One A9 -- resmi diperkenalkan kemarin, Rabu 21 Oktober 2015. Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, smartphone besutan vendor asal Taiwan ini menggunakan sistem operasi Android terbaru, Android 6.0 Marshmallow dan hadir dalam dua varian kapasitas penyimpanan: 16 GB dan 32 GB.

Cher Wang, Chairwoman dan Chief Executive Officer (CEO) HTC, optimistis bahwa hadirnya One A9 dengan segudang spesifikasi canggihnya bisa menjadi sebuah 'alternatif' yang bagus selain iPhone.

“HTC telah diakui secara luas sebagai pionir di kancah smartphone dunia. HTC merupakan produsen yang pertama kali mengeluarkan smartphone berbasis Android, smartphone berbasis Windows, serta smartphone dengan desain yang seluruhnya berbalut metal,” tutur Wang mengutip dari siaran pers yang tim Tekno Liputan6.com terima.

“Kepiawaian dalam inovasi yang telah menyatu dalam jiwa kami menjadi landasan bagi kami untuk melesat lebih tinggi lagi dan menampilkan seluruh yang terbaik kepada pelanggan kami. Untuk itulah, pada hari ini, kami meluncurkan HTC One A9, bintang dari segala bintang yang kilaunya menyeruak di tengah kancah smartphone dunia," tambahnya.

HTC One A9 (The Verge)

Lantas, dengan segala kelebihan yang digemborkan HTC, berapa harga yang dibanderol untuk kedua varian One A9 ini? Mengutip informasi laman Phone Arena, One A9 dengan kapasitas penyimpanan 32 GB dan RAM 3 GB dibanderol seharga US$ 399 atau sekitar Rp 5,5 juta. Namun, One A9 dengan kapasitas penyimpanan 16 GB dengan RAM 2 GB belum diungkap berapa harganya.

Lalu, bagaimana soal spesifikasinya?

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Soal spesifikasi, HTC One A9 dinilai cukup 'gahar'. Di sektor kamera, smartphone tersebut memiliki kamera utama 13 MP, ƒ/2.0 dengan diperkuat fitur seperti control ISO, shutter speed, dan white balance. Untuk kamera depan, One A9 memiliki kamera depan HTC UltraPixel 4 MP one fixed focus, ƒ/2.0. Selain itu, One A9 dapat merekam gambar dan menyimpan dalam Raw Mode. Anda pun dapat mengeditnya dengan aplikasi photo editor di dalamnya.

Soal konektivitas, One A9 memiliki teknologi radio frekuensi Cat 7 yang mampu mendukung kecepatan downlink 300 Mbps dan uplink 100 Mbps. Selain itu, ada pula dukungan VoLTE serta dilengkapi dengan radio frekuensi TDD maupun FDD LTE. Fitur konekvitas lainya melingkupi USB port standar yang mendukung fast charging. Sayangnya, One A9 belum menggunakan konektor USB tipe C. Untuk urusan performa daya baterai, One A9 memiliki kapasitas daya 2.150 mAh.

HTC One A9 (The Verge)

Beranjak ke sektor desain, untuk urusan yang satu ini, HTC menjuluki One A9 dengan sebutan 'metalmorphics', yang mana diartikan sebagai kesempunaan desain baru yang dibalut secara all-metal.

Memang, seluruh bodi One A9 terbungkus dari bahan metal. Bahkan, dari tiap sisi hingga lekukan desain fisiknya, sekilas HTC One A9 memiliki desain serupa dengan iPhone 6s. Layar One A9 memiliki bentang seluas 5 inci beresolusi 1.080 x 1.920 dengan teknologi Amoled. Kepadatan layar atau density yang dimilikinya mencapai 440 ppi. Layar tersebut juga dilindungi material tahan gores, Corning Gorilla Glass 4.

Terakhir, sektor dapur pacu. One A9 menggunakan prosesor mid-range level, yakni Snapdragon 617 dengan delapan core. Empat core mampu mencapai kecepatan 1,2 GHz, sedangkan empat lainnya mampu mencapai kecepatan 1,5 GHz.

Terlepas dari semua spesifikasi yang diusung, HTC One A9 diungkap menjadi brand non-Google pertama yang menggunakan OS Android Marshmallow. Namun, HTC nyatanya membalut One A9 dengan tampilan antarmuka kembangan mereka sendiri, yakni HTC Sense UI. One A9 akan dirilis secara global pada awal November mendatang dengan empat varian warna: Carbon Gray, Opal Silver, Topaz Gold, dan Deep Garnet.

(Jek/Cas)*

Loading