Sukses

Luar Biasa, Pria Ini Menulis 2,7 Juta Artikel di Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menulis dan menyunting artikel yang berisi segala macam informasi dan ilmu pengetahuan di Wikipedia. Namun tentunya jumlah artikel yang mereka tulis tak sebanyak artikel yang ditulis oleh pria berkebangsaan Swedia ini.

Mengutip laman Wall Street Journal, Kamis (17/7/2014), pria bernama Sverker Johansson ini merupakan seorang relawan yang mengabdi sebagai penulis di Wikipedia selama 7 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, setidaknya ia telah menulis 2,7 juta artikel.

Bila dipersentasikan, menurut analisis Wikimedia yang mengukur lalu lintas situs, jumlah itu sama dengan 8,5 persen dari seluruh koleksi artikel yang ada di Wikipedia. Bisa dibilang, Johansson adalah penulis artikel paling produktif di situs ensiklopedia itu.

Topik artikel yang kerap ditulis pria 53 tahun ini adalah yang berhubungan dengan spesies binatang, terutama kupu-kupu dan kumbang. Karyanya juga sering menyoroti keadaan kota-kota di Filipina. Maklum saja, karena Johansson memiliki istri berkebangsaan Filipina.

Sekitar sepertiga dari artikel yang di-upload ke Wikipedia menggunakan bahasa Swedia, dan sisanya menggunakan bahasa Filipina. Setiap mengisi artikel di Wikipedia, Johansson dibantu dengan sebuah program komputer yang disebut sebagai bot. Hebatnya, program yang bernama Lsjbot ini dikembangkan sendiri oleh Johansson.

Cara kerja Lsjbot layaknya mesin pencari yang otomatis menggali informasi dari berbagai sumber digital, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah artikel. Johansson mengatakan bahwa software itu sanggup menghasilkan sekitar 10 ribu artikel per hari.

Sebagai informasi, Johansson mengaku memiliki ketertarikan dengan banyak hal. Maka tak heran ia mempunyai sejumlah gelar sarjana, termasuk linguistik, teknik sipil, ekonomi, dan fisika.

Rina Nose dan Tunangan Mulai Unjuk Kemesraan di Medsos

Tutup Video
Loading