Sukses

Facebook Messenger Melenggang di Nokia X

Pengguna tidak perlu lagi menginstal aplikasi Facebook pada perangkat, yang mana aplikasi ini berdiri sendiri (standalone).

Liputan6.com, Meskipun Nokia X tidak memiliki akses ke Google Play, bukan berarti pengguna tidak dapat menjalankan berbagai aplikasi Android. Bagaimana pun para pengembang memiliki peran yang sangat penting, dan dengan bangga Nokia mengumumkan bahwa Facebook Messenger sekarang tersedia di Nokia X.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan percakapan ke pengguna Facebook Messenger lainnya, dapat melihat siapa saja yang online, membuat grup chatting serta mengirim foto dan stiker.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (10/4/2014), pengguna bahkan tidak perlu lagi menginstal aplikasi Facebook pada perangkat karena aplikasi ini berdiri sendiri (standalone).

Salah satu fitur utama Facebook Messenger adalah kemampuannya untuk berbagi lokasi, yang memungkinkan teman-teman untuk melihat apakah Anda berada di dekatnya atau tidak. Anda juga dapat melihat timeline teman-teman. Selain untuk Nokia X, aplikasi ini juga sudah tersedia untuk pengguna Nokia Lumia dan Asha.

Nokia X sendiri ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah dengan harga Rp 1,6 juta. Ponsel ini diperkuat prosesor dual-core Cortex-A5 1 GHz dari Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, layar 4 inci, kamera 3 megapiksel, mendukung dual SIM card (GSM), dan baterai 1.500 mAh.

Nokia X berjalan di atas platform Android 4.1.2 Jelly Bean yang telah dimodifikasi oleh Nokia. Dalam pengembangannya, perusahaan asal Finlandia itu hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang bisa digunakan siapa saja secara gratis karena sistem operasi ini bersifat terbuka.

Nokia X tidak menyediakan aplikasi dan layanan Google secara default, termasuk Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+. Sebagai contoh, aplikasi Google Maps diganti dengan Nokia Here dan sistem notifikasi Google Cloud Messaging diganti dengan Nokia Push Notification.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini