Sukses

Yuk, Awasi Pemilu Lewat Aplikasi MataMassa

Dengan aplikasi ini Anda bisa memberi laporan apabila menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

Liputan6.com, Jakarta Tren perangkat mobile yang semakin memuncak, membuat pesta demokrasi kian semarak. Kini masyarakat Jabodetabek bahkan dapat ikut serta mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dan jalannya kampanye 2014 lewat aplikasi smartphone.

Salah satu aplikasi smartphone yang patut dicoba adalah MataMassa. Dengan aplikasi ini Anda bisa memberi laporan apabila menemukan dugaan pelanggaran pemilu. Dugaan pelanggaran yang dimaksud adalah dugaan tindak pidana, dugaan pelanggaran administratif, dan lain-lain.

Tim verifikator MataMassa akan menindaklanjuti temuan dan kemudian mengunggah laporan di situs MataMassa.org. Saat kami mengunjungi layanan ini Rabu (9/4/2014), sudah ada sekitar 1593 laporan yang masuk. 1417 laporan sudah diverifikasi dan sisanya berjumlah 176 belum diverifikasi.

Menurutan pantauan kami, dari puluhan reviewers yang sudah menginstal aplikasi hasil kerjasama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan iLab ini, 60 persen di antaranya merasa puas dan menorehkan bintang lima.

"Finally ada juga aplikasi yang bisa bikin kita aware sama proses demokrasi. Good job `acung jempol`," tulis salah satu reviewers dengan username Pazzo Rosa.

MataMassa adalah aplikasi pemantauan pemilu legislatif dan presiden 2014 untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di perangkat berbasis iOS, Android, maupun BlackBerry.

MataMassa juga hadir dalam bentuk Short Message Service (SMS) Gateway. Caranya adalah dengan mengirim SMS ke 0813 7020 2014 dengan format : Lapor[spasi]Nama Pelapor#Tanggal Peristiwa#Lokasi Peristiwa#Isi Laporan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini