Sukses

Selain BBM, Ini 4 Aplikasi Populer Bawaan Lain di Nokia X

Nokia X dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan (pre-loaded) yang populer di kalangan pengguna smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun Nokia X memungkinkan pengguna untuk memperoleh ratusan ribu aplikasi Android, Nokia telah melengkapi handset Android pertamanya ini dengan berbagai aplikasi bawaan (pre-loaded) yang populer di kalangan pengguna smartphone Indonesia.

Salah satunya adalah aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM). "BBM dipilih karena sudah menjadi salah satu pesan instan yang sangat populer di Indonesia. Beragam fitur yang ada di BBM dapat dinikmati di Nokia X," kata Wirda Haryany selaku Product Manager Nokia Indonesia untuk Nokia X yang kami temui di Empirica, SCBD, Jakarta pada Kamis (27/3/2014).

Selain BBM, Nokia X juga membenamkan empat aplikasi populer bawaan lainnya, seperti Facebook, Twitter, Line, dan WeChat. Sedangkan aplikasi populer lainnya, lanjut Wirda, seperti Instagram, Path, WhatsApp, Temple Run, Candy Crush, dan Hay Day bisa diunduh secara gratis di Nokia Store dan sejumlah toko aplikasi pihak ketiga.

Nokia X sendiri ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah dengan harga Rp 1,6 juta. Ponsel ini diperkuat prosesor dual-core Cortex-A5 1 GHz dari Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, layar 4 inci, kamera 3 megapiksel, mendukung dual SIM card (GSM), dan baterai 1.500 mAh.

Nokia X berjalan di atas platform Android 4.1.2 Jelly Bean yang telah dimodifikasi oleh Nokia. Dalam pengembangannya, perusahaan asal Finlandia itu hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang bisa digunakan siapa saja secara gratis karena sistem operasi ini bersifat terbuka.

Dengan demikian Nokia bisa mengubah tampilan antarmuka pengguna Android di Nokia X sehingga terlihat seperti tampilan Windows Phone yang bernuansa kotak-kotak. Nokia juga tidak membeli lisensi layanan mobile Google yang disebut Google Mobile Service (GMS).

Maka dari itu Nokia X tidak menyediakan aplikasi dan layanan Google secara default, termasuk Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini