Sukses

Berkat Karyanya, Onno Purbo Raih Ganesha Innovation Award

Berkat karyanya yang bermanfaat buat orang banyak, Bapak Internet Indonesia Onno W. Purbo mendapat penghargaan Ganesha Innovation Award.

Liputan6.com, Jakarta Berkat karya dan inovasinya yang bermanfaat buat orang banyak, Bapak Internet Indonesia Onno W. Purbo mendapat penghargaan Ganesha Innovation Championships Award (GICA). Onno meraih medali emas dalam GICA 2014. 

"Saya sebenarnya tidak mengira dapat award karena saya direkomendasikan orang. Tahu-tahu disuruh presentasi", papar Onno kepada tim Tekno Liputan6.com, Selasa (11/3/2014).

Onno yang merupakan alumni Teknik Elektro ITB tahun 1987 mengembangkan program internet murah dengan mengusung nama RT/RW-Net. Onno berhasil memasyarakatkan internet dan menginternetkan masyarakat.

Selain RT/RW-net, karya inovatif Onno lainnya adalah Wajanbolic. Dengan memanfaatkan wajan yang biasa dipakai untuk memasak dan beberapa alat, Onno berhasil membuat koneksi internet tanpa kabel sebagai solusi alternatif untuk mengakses internet murah.

Saat ini pakar teknologi informasi (TI) yang juga diakui di dunia TI internasional ini sedang aktif menyebarkan ilmu Open BTS, yaitu bagaimana membangun BTS mini untuk berkomunikasi.

Onno tak menduga mendapat award dari alumni kampusnya karena selama ini melawan arus. "Padahal yang jadi juri ada Rektor ITB, Komisaris Telkom, dan lain-lain. Itu artinya mereka meridhoi orang yang melawan arus," pungkas pria yang hobi bersepeda ini.


Bagaimana peran kampus dalam melahirkan SDM kreatif?

Di mata pria yang selalu bicara lugas ini, peran kampus dalam melahirkan orang-orang kreatif sangatlah besar. Menurutnya kurikulum yang ada sekarang kebanyakan sangat konservatif dan kurang mengikuti perkembangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Saat ini Onno mencoba merombak kurikulum kuliah di tempatnya mengajar di Surya University.

"Misalnya untuk kuliah sistem operasi, anak-anak harus bisa membuat sistem operasi sendiri. Kalau ini gak dilakukan, gak mungkin bisa melahirkan engineer Indonesia yang baik", jelasnya.

Di antara kandidat yang lain, Onno merasa dialah yang paling banyak menabrak regulasi dan malah berhasil mengubah regulasi seperti frekuensi 2,4GHz.

Adapun penilaian GICA dilihat dari beberapa poin, yaitu inovasi, dampak positif yang dihasilkan, pengembangan lebih lanjut dan personality -- yaitu karakter dan kemampuan untuk mengembangkan inovasi lebih besar.

Dewan juri GICA 2014 beragam, termasuk di antaranya: Hanung Budya (Direktur Pertamina), Jusman Syafei Djamal (Komisaris Telkom), Marzan Aziz Iskandar (Kepala BPPT), Ninok Leksono (Komite Inovasi Nasional/KIN), Akhmaloka (Rektor ITB).

Ganesha Innovation Championship Awards 2014 merupakan penghargaan untuk alumni ITB yang berhasil melakukan pengembangan masyarakat (sosial, ekonomi, budaya) dengan inovasi yang dimilikinya dan berpotensi dikembangkan lebih lanjut.

Baca juga:
Onno W. Purbo, Pejuang IT Indonesia yang Hobi Bersepeda
Tips Menghindari Penyadapan Versi Onno Purbo
Teknik Melakukan Penyadapan Menurut Onno Purbo
Onno Purbo Peragakan Cara Buat BTS Sendiri di IGF Bali
Onno W. Purbo: Kalau Mau Aman Jangan Nge-root
Onno Purbo: Data Diumbar, Guru Rentan Jadi Korban Penipuan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini