Sukses

Rentan Hacker, Ini Cara Aman Browsing di Hotspot WiFi Gratis

Pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Hati-hati bila tengah menggunakan hotspot WiFi gratis, pasalnya memalui jaringan ini data-data penting Anda bisa diretas oleh hacker. Bahkan lembaga penegak hukum Uni Eropa, Europol memperingatkan untuk tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi itu.

Pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit untuk dideteksi. Demikian seperti dikutip dari Telegraph.

"Anda mungkin bisa melihat bahwa kartu kredit Anda sedang disalahgunakan... tetapi Anda tidak dapat mengetahui di mana peristiwa itu terjadi," ujar Oerting.

Sementara itu Dr Martyn Thomas dari Lembaga Teknik dan Teknologi mengatakan, kasus ini merupakan contoh dari masalah yang tak seorang pun berhasil menemukan cara untuk menjamin sistem keamanan yang lebih baik. Kesimpulannya adalah perangkat lunak gratis dan WiFi gratis berpotensi membahayakan semua orang.

"Browsing di kafe atau restoran merupakan ancaman terbesar. Hacker bisa dengan mudah masuk ke akun Anda atau membobol informasi sensitif lainnya. Mereka memiliki kunci yang dapat membuka kehidupan digital Anda," kata peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab, David Emm.

David menyebut, jangkauan WiFi router sekitar 100 meter. Bisa jadi hacker yang tengah menjaili Anda tengah duduk di samping Anda atau di sekitar tempat parkir kendaraan.

Untuk itu David memberikan beberapa tips aman saat menggunakan WiFi publik agar terhindar dari serangan hacker. Pertama adalah menggunakan jaringan WiFi yang aman dan terpercaya saat mengetik username dan password atau transmisi data rahasia.

Kedua, sebelum Anda log-in ke situs web, pastikan bahwa itu aman - cari 'https' dengan simbol gembok terkunci dan periksa sertifikat keamanannya. Ketiga, lindungi komputer Anda dengan produk keamanan internet terkemuka.

Dan yang keempat, lindungi semua perangkat gadget Anda, termasuk laptop, tablet, dan smartphone dengan software antivirus yang selalu update, bukan hanya PC Anda.


Baca juga:
Waspada, Virus Bisa Menyebar Lewat Wi-Fi!
Serangan Malware di Android Makin Ganas
4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Software Bajakan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini