Sukses

Akhirnya, Ponsel Nokia Android Menampakkan Diri

Liputan6.com, Barcelona Nokia akhirnya secara resmi menguak kehadiran ponsel berbasis Android pertamanya. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Finlandia langsung memperkenalkan tiga handset berbasis robot hijau sekaligus.

Handset yang selama ini dikenal dengan kode nama Normandy tersebut menampakkan diri di perhelatan Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol dengan nama Nokia X, X+ dan XL. Ketiga ponsel itu diperkenalkan oleh CEO Nokia Stephen Elop.

Menurut yang dilansir Cnet, Nokia melabeli ketiganya dengan kode X sebagai penanda bagi ponsel bersistem operasi Android 4.1 Jelly Bean yang menggabungkan keunikan pengalaman khas ponsel seri Asha dan Windows Phone.

Keunikan tersebut yakni absennya Google PlayStore namun kehadiran layanan khas Nokia seperti Here Maps dan Nokia MixRadio. Selain itu layanan khas Microsoft seperti Skype, Outlook dan OneDrive juga turut disematkan pada ponsel Android 'ramah di kantong' ini.

Nokia X membidik segmen menengah dengan layar berukuran 4 inci resolusi 800x480 piksel dan prosesor dual-core Snapdragon clocking 1 GHz dan kamera 3 megapiksel tanpa flash. Mengingat kapasitas memori internal yang hanya 4 GB, tidak mengherankan jika Nokia menyediakan slot ekspansi memori hingga 32 GB.

Sedangkan Nokia X+ hadir dengan kemampuan membaca dual SIM. Untuk spesifikasi lain dan pilihan warna perangkat hampir sama persis dengan Nokia X.

Rencananya kedua handset terbaru ini akan dipasarkan mulai bulan Maret 2-14. Nokia X kabarnya akan dipasarkan seharga 89 Euro atau sekitar Rp 1,4 juta dan 99 Euro atau Rp 1,5 juta untuk Nokia X+.



Baca juga:

Spesifikasi Nokia Android Terungkap!
Nokia Android Muncul Sebagai Ponsel Fitur, Bukan Smartphone?
Nokia Siapkan Smartphone Edisi Valentine?
Nokia `Lumia Android`Siap Meluncur di Indonesia?
Update Nokia Lumia Black Sudah Bisa Dicicipi Pengguna Tanah Air