Sukses

Polres Trenggalek Panen Ratusan Balon Udara Sitaan Hasil Razia Saat Perayaan Lebaran Ketupat

Sebuah balon udara yang lolos dan sudah terlanjur diterbangkan, bahkan jatuh di jalan nasional Trenggalek – Ponorogo dan nyaris menimpa pengendara.

Liputan6.com, Trenggalek - Polres Trenggalek bersama jajaran TNI dan Satpol PP setempat menggelar razia serentak dan menyita lebih dari 100 balon udara siap terbang, menjelang puncak perayaan Lebaran Ketupat.

Operasi gabungan itu mengamankan tak kurang dari 135 buah balon udara dari berbagai lokasi di Trenggalek, namun tidak sepenuhnya bisa mencegah penerbangan balon plastik berbahan bakar asap itu mengudara di langit Trenggalek.

"Ada beberapa yang lolos, namun sebagian besar berhasil kami cegah tangkal," kata Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono di Trenggalek, Kamis (18/4/2024).

Sebuah balon udara yang lolos dan sudah terlanjur diterbangkan, bahkan jatuh di jalan nasional Trenggalek – Ponorogo dan nyaris menimpa pengendara.

Balon udara itu jatuh di jalan raya, dekat area Taman Agropark Trenggalek dengan api yang masih menyala dan hampir mengenai pengguna jalan. Selain itu balon udara itu nyaris tersangkut di instalasi kelistrikan di sekitarnya.

"Sebelumnya juga ada balon berukuran besar yang turun di atas rumah warga, beruntung tidak sampai terjadi kebakaran. Kami iimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menaikkan balon udara," ujarnya.

Meskipun ada larangan hingga sanksi tegas, namun tampaknya penerbangan balon udara khususnya saat momentum perayaan kupatan masih jadi atensi petugas.

Minimnya kesadaran masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan menjadi pekerjaan rumah otoritas terkait. Untuk itu, Gathut menyebut pihaknya bakal lebih mengintensifkan sosialisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.