Sukses

Kunjungan Wisata di Kebun Binatang Surabaya Tembus 19 Ribu saat Libur Lebaran

Diperkirakan jumlah wisatawan asal daerah setempat jumlahnya mencapai 13.300 orang atau 70 persen dari total keseluruhan pengunjung.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 19 ribu wisatawan telah berkunjung ke destinasi pariwisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), saat H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, Minggu (14/4/2024).

"Berdasarkan informasi terbaru jumlah total pengunjung KBS hari ini mencapai 19 ribu orang," kata Kepala Seksi Humas KBS Lintang Ratri Sunarwidhi di Surabaya, dilansir dari Antara, Minggu (14/4/2024).

Lintang menyatakan mayoritas wisatawan yang menghabiskan masa libur momen Idul Fitri masih didominasi warga asal Kota Surabaya.

Dia memperkirakan jumlah wisatawan asal daerah setempat jumlahnya mencapai 13.300 orang atau 70 persen dari total keseluruhan pengunjung.

"Kami melihat tadi kendaraan yang terparkir kebanyakan pelat nomor-nya L," ucapnya.

Wisatawan, kata dia paling banyak datang ke lokasi wisata yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS), pada pukul 10.00 sampai 13.00 WIB.

Sedangkan untuk kawasan di KBS yang mengundang daya tarik bagi wisatawan adalah pada zona primata. Kemudian kandang gajah, unta, jerapah, dan harimau.

"Di jam tersebut sekitar 11 ribu wisatawan. Prediksi puncak kunjungannya hari ini," ujar dia.

PDTS selaku pengelola KBS disebutnya telah melaksanakan berbagai upaya pengamanan untuk mencegah membludak-nya pengunjung maupun kemacetan, dengan berkoordinasi bersama petugas kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), hingga Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

"Kalau dari internal jadwal dari tiga kami ubah menjadi dua, namun petugas yang disiagakan per-shift 15 orang," kata dia.

Sementara, salah seorang wisatawan asal Kota Padang, Sumatera Barat bernama Anisa Srihana mengatakan sengaja datang ke Kebun Binatang Surabaya untuk menikmati momen libur Lebaran.

"Saya tidak mudik, ke sini jalan-jalan sama keluarga karena di Surabaya saya tahunya banyak tempat wisata yang bagus," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiketnya Hanya Rp15 Ribu

Anisa menyatakan bahwa kunjungannya ini bukan kali pertama dilakukan. "Dulu pernah tetapi waktu saya masih kecil dan sekarang ke sini lagi," ujarnya.

Selain Anisa, juga ada wisatawan asal Kota Surabaya bernama Siti Kurnia Indrayanti menyebut hampir dua minggu sekali berkunjung ke KBS, lantaran harga tiket tergolong terjangkau.

"Tiket-nya Rp15 ribu per orang, selain kondisi lingkungannya asri dan bersih jadi nyaman," ucap dia.

Selain itu, satwa koleksi KBS menghadirkan daya tarik tersendiri di matanya, khususnya gajah. "Seringnya ke sini lihat gajah, langsung di depan kandangnya," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.