Sukses

Jurus Polres Malang Atasi Kemacetan ke Kota Batu Saat Libur Lebaran

Polres Malang menyiapkan sejumlah skema penanganan jika terjadi kepadatan arus lalu lintas dari Malang menuju Kota Wisata Batu, seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan pada masa libur Lebaran 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Polres Malang menyiapkan sejumlah skema penanganan jika terjadi kepadatan arus lalu lintas dari Malang menuju Kota Wisata Batu, seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan pada masa libur Lebaran 2024.

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan, akses dari Pintu Tol Singosari memang menjadi salah satu jalur yang diminati wisatawan untuk menuju wilayah Kota Batu.

"Untuk skema, kami siapkan bila terjadi kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata Kota Batu," kata Adis, Jumat (12/4/2024).

Sejumlah skema yang disiapkan tersebut, antara lain, Pintu Tol Singosari menuju Kota Batu terjadi kepadatan kendaraan maka arus lalu lintas yang menuju pintu tol Singosari akan dialihkan ke Pintu Tol Pakis, Kecamatan Pakis.

Upaya mengurangi kepadatan di Karanglo, yang merupakan akses langsung menuju Kota Batu selepas Pintu Tol Singosari, arus kendaraan akan diarahkan ke Kota Malang terlebih dahulu, kemudian dialihkan ke jalur alternatif.

"Ketika di Kota Malang, akan dilewatkan jalur alternatif menuju Kota Batu melalui Kecamatan Blimbing, Lowokwaru, sampai ke Kecamatan Dau, dan bermuara di Simpang Tiga Pendem, Kota Batu," katanya.

Kondisi pada hari kedua Lebaran, kata dia, masih relatif lancar meskipun ada peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Malang Raya. Personel Polres Malang tetap bersiaga untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas.

Menuju Kota Batu, lanjut dia, saat ini masih lancar. Petugas ikut membantu mengatur arus lali lintas agar tidak terjadi perlambatan dan mengakibatkan kepadatan signifikan.

Berdasarkan hasil pemetaan Satlantas Polres Malang, ada sejumlah titik yang menjadi perhatian utama khususnya arus lalu lintas yang mengarah ke Kota Batu dari akses Pintu Tol Singosari. Skema penanganan juga disiapkan untuk mengurai kepadatan pada titik-titik tersebut.

Sejumlah titik yang menjadi perhatian pada area setelah perlintasan kereta api di Karangploso, Simpang Empat Kepuharjo, dan Simpang Empat Karangploso. Kepadatan pada sejumlah titik tersebut karena adanya kendaraan yang menyeberang dari area permukiman.

"Cara bertindak kami, tentunya akan mengerahkan personel. Namun, apabila terjadi lonjakan yang sangat signifikan, perlintasan itu akan kami tutup sementara dan kendaraan tersebut akan diarahkan mencari jalur lain untuk berputar," katanya.

Berdasarkan data dari akses keluar Pintu Tol Singosari, sudah ada peningkatan volume kendaraan yang masuk ke Malang Raya. Pada hari Rabu (10/4) mulai pukul 06.00 WIB hingga Kamis (11/4) volume kendaraan 13.629 kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Volume Kendaraan Sebanyak 43 Persen

Menurut dia, ada peningkatan volume kendaraan sebanyak 43 persen daripada hari sebelumnya yang tercatat 9.662 kendaraan.

Satlantas Polres Malang mengimbau wisatawan untuk selalu waspada dan mengecek kondisi kendaraan.

"Selain itu, hormati hak sesama pengguna jalan lainnya sehingga pada saat berada di jalan raya tidak merugikan orang lain," katanya.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memperkirakan kurang lebih 34 juta orang yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan menuju wilayah Jawa Timur. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta orang yang melakukan mudik antarkabupaten/kota.

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.