Sukses

Dishub Prediksi Pergerakan Pemudik di Jatim Capai 31,3 Juta Jiwa, Belum Termasuk Kendaraan Pribadi 

Dinas Perhubungan Jawa Timur memprediksi pergerakan pemudik yang keluar masuk wilayah provinsi setempat mencapai 31,3 juta jiwa, atau 16,2 persen secara nasional, yaitu selama 16 hari, terhitung sejak H-7 hingga H+7 lebaran 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memprediksi pergerakan pemudik yang keluar masuk wilayah provinsi setempat mencapai 31,3 juta jiwa, atau 16,2 persen secara nasional, yaitu selama 16 hari, terhitung sejak H-7 hingga H+7 lebaran 2024. 

Kepala Dishub (Kadishub) Jatim Nyono menjelaskan, perhitungan tersebut hanya untuk pemudik yang menggunakan berbagai moda transportasi umum yang terekam di Pos Komando (Posko) "Jatim Transportation Control Center" (JTCC).  

"Pemudik menggunakan kendaraan pribadi, kami tidak me-record. Karena posko-posko JTCC kami ada di tiap terminal bus, bandara, stasiun kereta api, dan pelabuhan penyeberangan feri maupun kapal laut wilayah Jatim," katanya kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Kadishub Nyono memastikan Posko JTCC di tiap terminal bus, bandara, stasiun kereta api, dan pelabuhan penyeberangan feri maupun kapal laut wilayah Jatim telah mencatat pergerakan pemudik sejak H-7 lebaran atau tanggal 3 April lalu.  

"Sementara sampai hari ini JTCC mencatat pergerakan pemudik menggunakan transportasi umum bus sebanyak 4,01 juta jiwa, kereta api 3,3 juta jiwa dan pesawat udara 1,25 juta jiwa," ujarnya.

Sedangkan pergerakan pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan feri sampai hari ini  tercatat sebanyak 1,24 juta jiwa, serta kapal laut 205 ribu jiwa. 

Kadishub Nyono menyebut hari ini, yang merupakan H-1, sampai 9 April besok, atau H-1 lebaran, merupakan puncak arus mudik untuk moda transportasi umum bus, kereta api dan pesawat udara di wilayah Jatim.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik

"Sedangkan puncak arus mudik untuk angkutan penyeberangan feri dan kapal laut telah terjadi pada h min tiga dan empat lebaran pada tanggal 6-7 April 2024," ucapnya.

Sementara berdasarkan analisa data Dishub Jatim tahun 2023, pergerakan pemudik yang keluar masuk Kota Surabaya pada masa angkutan lebaran selama 16 hari mulai H-7 hingga H+7 lebaran mencapai 9,11 juta jiwa. 

"Prediksi kami tahun ini pergerakan pemudik di wilayah Kota Surabaya naik 5 persen. Karena tahun ini sudah lepas dari status pandemi virus corona 100 persen. Sedangkan pada periode yang sama pada tahun 2023 yang tercantum di data kami masih ada sedikit COVID-19. Maka pergerakan pemudik tahun ini pasti lebih meningkat," ujar Kadishub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.