Sukses

Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari mengungkapkan, sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini.

Liputan6.com, Surabaya - Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari mengungkapkan, sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini. 

Karlinda mangaku pihaknya terus koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

"Sejumlah Pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang di prediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya," ujarnya, Senin (1/4/2024). 

Karlinda menyebut, pihaknya memprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun ini akan mencapai 713.449 orang atau naik 15 persen dari arus mudik 2023 yang mencapai 620.291 arus penumpang embarkasi maupun dembarkasi.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, namun kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti OP otoritas pelabuhan dan Perusahaan pelayaran untuk memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani," ucapnya. 

Karlinda juga menambahkan, potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut juga berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini, hal tersebut pasca ditambahkannya aturan hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah. 

"Oleh karenanya, kami mengimbau kepada seluruh general manager pelabuhan yang mengelola terminal di bawahnya untuk melakukan persiapan lebih dini," ujarnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Umum Dalam Kondisi Baik

Sementara itu, Executive Director 3 Pelindo, Ali Sodikin memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerjanya, termasuk fasilitas umum sudah dalam kondisi baik. 

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami Semua semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.