Sukses

Menu Buka Cuma Rp2 Ribu per Porsi, Warung Ini Ramai Diserbu Warga Jember

Warung Kasih menyediakan 200 porsi nasi dengan lauk pauk dan sayuran setiap harinya selalu habis karena diserbu masyarakat yang melintas saat mendekati waktunya berbuka puasa.

Liputan6.com, Jember - Bingung mencari menu berbuka puasa dengan harga murah meriah? Di Jember, ada warung makan yang menyediakan menu buka puasa dengan harga Rp2 ribu sampai Rp3 ribu per porsi, lengkap dengan teh manis.

Ini adalah Warung Kasih, sembuah warung makan yang hanya buka selama bulan suci Ramadhan. Warung ini dikelaola Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Sempursari dan Kartini Jember.

"Kami menyediakan menu buka puasa untuk saudara-saudara muslim yang menjalankan ibadah puasa dan kebetulan mereka jauh dari rumah saat berbuka," kata Ketua WKRI Cabang Kartini Jember Lucia Fransisca Elly Krisnaningsih di Jember, Kamis (14/3/2024).

Di warung WKRI Cabang Sempursari juga menjual menu paket nasi berbuka puasa seharga Rp2.000 bagi masyarakat sekitar terutama tukang becak dan warga yang melintas saat menjelang waktunya berbuka puasa.

Sedangkan harga seporsi menu buka puasa dan minuman teh hangat di Warung Kasih WKRI Cabang Kartini Jember pada tahun 2024 menjadi Rp3.000 atau naik sebesar Rp1.000 dibandingkan pada tahun lalu dengan harga Rp2.000, namun harganya masih sangat terjangkau dibandingkan di warung lainnya

"Tahun ini banyak bahan pokok naik terutama beras, sehingga harganya kami naikkan menjadi Rp3.000 untuk satu porsi nasi dan teh manis," tuturnya.

Warung Kasih tersebut menyediakan 200 porsi nasi dengan lauk pauk dan sayuran setiap harinya selalu habis karena diserbu masyarakat yang melintas saat mendekati waktu buka puasa.

"Banyak tukang becak dan ojek yang mampir ke Warung Kasih untuk berbuka puasa. Tahun ini kami kembali menggunakan piring untuk menyajikan seporsi menu buka puasa untuk mengurangi sampah plastik," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gereja Katolik Berbagi Kasih

Sejak pandemi COVID-19, Warung Kasih beralih menggunakan kertas bungkus untuk seporsi menu buka puasa lengkap sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran virus CORONA.

"Warung Kasih itu upaya berbagi kasih dari Gereja Katolik untuk umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Kegiatan sosial setiap Ramadhan itu dilakukan sejak 2009, sehingga sudah berjalan 25 tahun," ujarnya.

Warung yang dikelola WKRI Cabang Kartini Jember itu buka setiap hari Senin-Kamis selama Ramadhan, sehingga masyarakat yang melintas di depan Panti Siwi Jalan Kartini menjelang buka puasa bisa mampir untuk membeli seporsi nasi dan teh hangat dengan harga Rp3.000 saja.

Sementara itu, WKRI Cabang Sempursari Jember bekerja sama dengan Koramil Kaliwates juga menyediakan paket menu buka puasa seharga Rp2.000, meskipun harga beras terus merangkak naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.