Sukses

Logistik Pemilu 2024 Mulai Meluncur ke Sejumlah Kecamatan di Malang

Liputan6.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke sejumlah kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

Anggota KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa pendistribusian logistik Pemilu 2024 tersebut akan dilakukan hingga 12 Februari 2024.

"Hari ini hari pertama pengiriman logistik Pemilu di Kabupaten Malang, dan akan dilaksanakan hingga 12 Februari 2024," kata Mahardika, sapaan akrabnya.

Dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 tersebut, Mahardika menjelaskan KPU Kabupaten Malang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan dikawal oleh Kepolisian Resor (Polres) Malang yang melibatkan kepolisian sektor (polsek) jajaran di wilayah tersebut.

Menurutnya, logistik Pemilu 2024 berupa surat suara, kotak suara dan lain-lain tersebut akan dikirimkan ke gudang logistik yang ada di 33 kecamatan dan tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Pengiriman ke seluruh kecamatan tersebut akan dilakukan selama empat hari.

"Setelah di kecamatan, akan didistribusikan ke desa, selanjutnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Targetnya, H-1, kotak suara dan bilik sudah terkirim ke masing-masing TPS," katanya.

Pada tahap pertama 9 Februari 2024, logistik Pemilu tersebut akan dikirimkan ke wilayah Kecamatan Ampelgading, Bantur, Dampit, Pagak, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo dan Kecamatan Turen.

Keesokan harinya akan dilanjutkan untuk Kecamatan Dau, Donomulyo, Gedangan, Kalipare, Karangploso, Kasembon, Kromenengan, Ngajum, Ngantang, Pujon, Sumberpucung, dan Kecamatan Wonosari.

Pada 11 Februari, ke Kecamatan Bululawang, Jabung, Lawang, Pagelaran, Pakisaji, Singosari, Tajinan dan Tumpang. Kemudian, pada hari terakhir ke Kecamatan Gondanglegi, Kepanjen, Pakis, Poncokusumo, Wagir dan Wajak.

"Titik keberangkatan dari Gudang Logistik KPU Kabupaten Malang di Gudang Bulog, Kebonagung," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TPS Susah Dijangkau

Sebagai informasi, di wilayah Kabupaten Malang, ada sejumlah TPS yang menjadi perhatian khusus karena memiliki lokasi yang cukup jauh dan sulit untuk dijangkau karena kondisi akses jalan.

Lokasi-lokasi tersebut adalah Kecamatan Donomulyo, TPS 13 di Desa Tempursari, Kecamatan Gedangan pada TPS 01 Desa Tumpakrejo, Kecamatan Singosari pada TPS 19 Desa Wonorejo, dan Kecamatan Ampelgading, pada tiga TPS yakni 21, 22 dan 23 di Desa Lebakharjo.

Berdasarkan catatan KPU Kabupaten Malang, di wilayah tersebut ada sebanyak 2.054.178 pemilih yang memiliki hak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Dengan jumlah pemilih yang cukup banyak tersebut, KPU Kabupaten Malang menyiapkan 7.761 TPS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.