Sukses

Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 di Situbondo Rusak, KPU Tunggu Penggantian

Sebanyak 2.156 lembar surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Situbondo rusak. Kerusakan itu antara lain sobek dan terdapat noda.

Liputan6.com, Situbondo - Sebanyak 2.156 lembar surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Situbondo rusak. Kerusakan itu antara lain sobek dan terdapat noda.

Ketua KPU Situbondo Marwoto mengatakan, kerusakan surat suara Pemilu 2024 ini ditemukan setelah ratusan orang ibu- ibu rumah tangga dan juga penyandang disablitas melakukan pelipatan surat suara yang bersangkutan sejak 7 Januari lalu.

“Dari hari pertama pelaksanaan pernyortiran dan pelipatan surat suara hingga saat ini memang ditemukan rusak seperti sobek, kusut dan ada noda  tinta,” ujarnya, Selasa (16/1/2024).

Kata Marwoto, surat suara yang rusak itu karena sobek dan terdapat noda tinta merupakan surat suara pemilihan calon anggota legislatif DPR RI sebanyak 574 lembar dan DPRD Provinsi Jawa Timur sebanyak 1.582 lembar.

Adanya kerusakan surat suara tersebut, kata Marwoto  telah dilaporkan ke pihak percetakan agar segera mendapatkan ganti baru Sesuai jumlah surat suara rusak.

“Kami sudah melaporkan jumlah surat suara pemilihan calon anggota legislatfi DPR RI dan DPRD Provinsi. Nanti kami tinggal menunggu pengiriman dari percetakan gantinya,”tambahnya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi berharap Pemilu 14 Februari 2024 berjalan aman, lancar dan sukses serta tidak ada halangan apapun.

“Kami mengimbau kepada masyarakat tetap menjaga kondusifitas dan menyukseskan Pemilu 2024. Berbeda pilihan itu biasa, jangan sampai karena berbeda pilihan lantas bermusuhan. Tetap menjaga persatuan dan kesataun,”kata Karna Suswandi.

Di kabupaten Situbondo Pelipaatan surat suara dilaksanakan selama 15 hari, terhitung sejak 7 Januari dan ditargetkan selesai pada Minggu 21 Januari 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.